Mendengar kata “detektif” pasti yang pertama kalian ingat adalah tokoh-tokoh detektif terkenal, seperti Sherlock Holmes, Hercule Poirot, atau Tintin. Nah, di majalah Just For Kids juga ada cergam tentang detektif, lho, namanya Detektif Titus. Sebentar lagi juga akan tayang serial animasinya di TV.

Sebenarnya, bagaimana bisa ada jenis cerita petualangan detektif, ya? Simak, yuk!

Dalam Kitab Suci

Ada beberapa ahli yang yakin kalau genre (jenis) cerita detektif terinspirasi dari kisah-kisah dalam kitab suci. Misalnya, dalam Kitab Perjanjian Lama ada kisah Susanna yang dituduh melakukan perbuatan buruk. Ada juga di dalam kitab suci Alquran dalam surat Al-Baqarah ayat 67—73, kisah tentang pembunuhan misterius yang tak diketahui pelakunya. Kemudian, Nabi Musa memecahkan permasalahan dengan izin Allah SWT.

Inspirasi Kisah Detektif

Selain dalam kitab suci, banyak cerita mitologi atau legenda yang memiliki unsur penyelidikan di dalamnya. Misalnya, dalam cerita “Arabian Nights”, dikisahkan seorang nelayan menemukan peti mencurigakan, kemudian raja memerintahkan penasihat memecahkan kasus yang terjadi di kerajaannya.

Detektif Fenomenal

Pada tahun 1887, Sir. Arthur Conan Doyle menciptakan tokoh detektif fiktif paling fenomenal sepanjang masa, Sherlock Holmes. Tokoh ini mendapat julukan sebagai tokoh detektif pertama yang memperkenalkan profesi detektif swasta dan konsultan yang menerima klien dan dibayar untuk profesinya.

Seiring berkembangnya zaman, banyak tokoh-tokoh detektif fiktif yang muncul dan menjadi terkenal. Sebut saja Batman, Conan Edogawa, dan Hajime Kindaichi. Mungkin kalian kenal beberapa tokoh tersebut, Kids?

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *