Tanya: Halo, namaku Zahra, usiaku 8 tahun. Aku mau tanya. Kemarin waktu sekolah, aku lupa bawa payung. Jadinya, aku kehujanan pas berangkat dan pulang sekolah. Sehari setelah kehujanan, badanku demam. Kata Mama, aku sakit gara-gara kehujanan. Temanku ada juga yang kehujanan, tapi dia nggak sakit. Benarkah kalau kehujanan bisa bikin sakit? Terima kasih.
Zahra, Kelas 3 – Bogor

Jawaban dokter Caessar:
Dear Zahra, sebenarnya, sebagian besar penyakit disebabkan oleh infeksi virus. Jadi, perubahan musim tidak secara langsung menimbulkan penyakit. Namun, ada beberapa penjelasan mengapa kita lebih mudah mengalami infeksi di musim hujan atau pancaroba.
Pertama, saat musim hujan, banyak orang cenderung berada di dalam ruangan bersama-sama. Hal ini memudahkan perpindahan virus dari satu orang ke orang lainnya. Kedua, saat suhu dingin, udara cenderung memiliki kelembapan rendah atau bersifat kering. Kondisi ini memudahkan virus untuk berpindah tempat. Ketiga, sistem kekebalan tubuh bekerja lebih lemah pada suhu dingin. Akibatnya, virus lebih mudah menginfeksi tubuh.
Jadi, hujan tidak menyebabkan penyakit. Namun, selama musim hujan kita harus menjaga kesehatan, dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi, memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari, dan menerapkan kebiasaan hidup yang bersih dan sehat misalnya rajin mencuci tangan. Semoga lekas sembuh, ya, Zahra.

Konsultan :

dr.Caessar Pronocitro, Sp. A, M.Sc
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *