Biaya hidup yang terus meningkat mendorong orang untuk berhemat dalam pengeluaran sehari-hari.

Berbagai cara sudah ditempuh, namun masih sedikit yang menyadari bahwa ada “biaya tersembunyi” (hidden cost) yang melekat dalam berbagai transaksi keuangan yang dapat dihemat tanpa mengurangi kenyamanan kita.

Flip, perusahaan teknologi finansial (tekfin) Indonesia sebagai platform pembayaran konsumen, menghadirkan berbagai solusi tekfin untuk kebutuhan personal maupun bisnis.

Flip menawarkan solusi penghematan dengan cara meminimalkan hidden cost transaksi keuangan, termasuk untuk transfer antar bank dan isi ulang dompet digital (ewallet) tanpa biaya admin.

Sejak berdiri pada 2015, Flip telah berhasil membantu lebih dari 10 juta pengguna untuk berhemat dengan total biaya yang dihemat mencapai triliunan rupiah.

Total hemat ini merupakan akumulasi biaya admin yang berhasil dihemat pengguna Flip baik untuk solusi transfer antar bank maupun top-up e-wallet.

Setiap pengguna dapat mengecek total hemat setiap waktu pada aplikasi Flip. Hingga saat ini, salah satu pengguna Flip berhasil menghemat lebih dari 90 juta.

Andri Rahmad Wijaya, Head of Marketing Flip menyampaikan, “Kami hadir membantu para pengguna Flip untuk berhemat dari hal terkecil, yaitu hidden cost yang mungkin cukup dikesampingkan oleh masyarakat. Flip akan terus mengajak masyarakat untuk berhemat dengan memanfaatkan solusi tekfin. Kami percaya bahwa akumulasi biaya yang dihemat oleh masyarakat dapat digunakan untuk keperluan lain.”

“Permasalahan kebanyakan orang susah menabung karena kurangnya self control. Kesulitan ini juga mempengaruhi kedisiplinan dalam mengelola uang dengan baik dan berhemat. Banyak alasan yang dikaitkan dengan emosi, seperti misalnya healing atau selfreward. Padahal, ada kebutuhan yang bisa kita sesuaikan sendiri untuk menyesuaikan dengan kewajiban, seperti bayar listrik, transport, dan lainnya,” ujar Annisa Steviani, pakar perencanaan keuangan.

Berhemat merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan saat melakukan perencanaan keuangan. Dengan semakin berkembangnya teknologi digital saat ini, masyarakat dapat memaksimalkan fasilitas yang ditawarkan yang berujung kepada penghematan. Salah satunya adalah melalui aplikasi Flip.

Annisa menambahkan beberapa cara untuk mewujudkan hidup hemat, salah satunya dengan memilah antara pengeluaran bulanan dan pengeluaran tahunan dengan menjabarkan seluruh pengeluaran terlebih dahulu. Untuk pengeluaran bulanan, bisa diprioritaskan dari cicilan atau kontrakan rumah, makan, transportasi, listrik, pendidikan, investasi, baru diikuti dengan lifestyle. Sedangkan pengeluaran tahunan dapat dialokasikan untuk keperluan hari raya, zakat, pajak, premi asuransi hingga liburan.

Untuk mengajak lebih banyak masyarakat berhemat, Flip menggelar kompetisi #FlipWujudkanHematmu di media sosial yang diikuti oleh ribuan partisipan selama satu bulan pada fase pertama kompetisi di Juni 2022. Cara berkompetisinya sederhana, peserta cukup mengunggah screenshot jumlah yang dihemat yang tertera pada aplikasi Flip milik peserta di Instagram Story atau Twitter dengan menyebutkan (mention) @flip_id dan tagar #FlipWujudkanHematmu.

“Respons dari masyarakat luar biasa! Ribuan partisipan dengan semangat menunjukan saldo hematnya pada aplikasi Flip. Ini menunjukkan antusiasme masyarakat untuk berhemat bersama Flip,” ujar Adhitya Insan Mahaputra, Brand & Social Media Manager Flip.

Kompetisi tersebut telah ditutup dan pemenangnya diumumkan pada 30 Juni 2022. Terdapat lima orang pemenang yang berhasil mendapatkan uang sejumlah yang telah dihemat melalui aplikasi Flip, bahkan salah satu pemenang telah berhasil menghemat sebesar 77 juta rupiah.

Melihat antusiasme yang besar, Flip melanjutkan kompetisi ini ke fase kedua di Juli 2022 dengan cakupan peserta yang lebih luas, yaitu mengajak seluruh masyarakat Indonesia yang belum pernah menggunakan Flip.

Harapannya, semakin banyak orang yang mengenal dan mendapat manfaat dari solusi penghematan yang ditawarkan. Fase kedua ini menjadi lebih menarik karena akan ada hadiah berupa emas 20 gram untuk lima orang pemenang.

“Untuk fase kedua mekanismenya kurang lebih masih sama, hanya saja bagi pengguna yang belum menggunakan Flip, dapat mengunggah dan daftar terlebih dahulu, kemudian melakukan transaksi minimal satu kali, lalu bisa tunjukkan screenshot halaman utama aplikasinya ke Twitter dan Instagram. Kami ingin kompetisi ini sederhana, dapat diikuti banyak orang, karena yang jauh lebih penting adalah edukasi mengenai penghematan dan solusi yang ditawarkan Flip,” tambah Adhitya.

Kompetisi #FlipWujudkanHematmu fase kedua akan dilaksanakan pada 1-28 Juli 2022 dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 29 Juli 2022.

“Jika fase pertama diikuti oleh ribuan orang, kami optimistis fase kedua dapat menjangkau lebih banyak masyarakat. Artinya, semakin banyak uang masyarakat yang bisa dihemat,” pungkas Adhitya.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *