Dino sebenarnya bukanlah anak yang pintar matematika. Tapi, dia berhasil mempermainkan temannya dalam permainan angka 9. Wah, apa rahasianya?

Begini,nih, ceritanya:

  1. “Pikirkan angka dari 1 sampai 9,” ujar Dino dengan bangga kepada Anto, temannya. (Anto memilih angka 3)
  2. “Kalikan bilangan itu dengan angka 4,” perintah Dino. (Anto langsung menghitung 3 x 4 = 12)
  3. “Kalikan lagi jumlah itu dengan angka 2,” ujar Dino sambil tersenyum penuh makna. (Anto menghitung 12 x 2 = 24)
  4. “Lalu kamu tambahkan jumlah itu dengan angka yang dipilih di awal,” Dino meminta untuk terakhir kalinya. (Anto pun penasaran dan menjumlahkan 24 + 3 = 27)
  5. “Apakah kamu sekarang punya dua angka?” tanya Dino tanpa berhenti tersenyum. “Ya,” jawab Anto. “Sebutkan salah satu angkanya,” ujar Dino. “2,” Anto menjawab.

“Berarti angka yang satunya adalah 7!” Dino berkata dengan pasti. “Wah, hebat kamu, Dino!” Anto merasa takjub dengan kemampuan Dino tersebut.

Nah, kamu penasaran kan kenapa Dino dengan mudahnya menebak angka tanpa harus berhitung lama. Ada rumusnya lho. Ini dia rumusnya;

  1. Misal dipilih angka a (bilangan antara angka 1 sampai 9)
  2. Kalikan dengan 4; a x 4 = 4a
  3. Kalikan lagi dengan 2; 4a x 2 = 8a
  4. Tambahkan dengan angka semula; 8a + a = 9a

Jadi, ketika teman kita sudah menyebutkan salah satu angka yang menjadi jumlah akhirnya, kita bisa mengetahui angka lain dalam jumlah tersebut. Selain itu, kita juga bisa mengetahui angka awal yang dipilih pada permainan ini. Hebat, kan?! Cobalah hafalkan rumus ini, dan tantang teman kamu. (JFK/ETG)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *