Tanya: Namaku Lily, usiaku 8 tahun. Setiap hari Kakakku yang sudah SMA ke sekolah pakai bedak dan lip gloss. Aku juga ingin seperti Kakak, tapi katanya aku masih kecil dan belum perlu memakai bedak dan lip gloss. Jadi, mulai usia berapa aku boleh pakai make up? Jenis make up apa saja yang boleh dipakai oleh anak-anak? Terima kasih. Lily, Kelas 2 – Jakarta Utara

Jawaban dokter Umi:
Kalau Lily mau memakai make up, sebaiknya ketika sudah di atas 10-12 tahun, ya. Karena umumnya usia tersebut adalah usia periode menstruasi. Di mana sistem hormon di tubuh sudah mengalami perubahan. Perubahan hormon ini akan mempengaruhi kulit, misalnya munculnya jerawat.
Selain itu, jangan lupa sebelum memakai make up, harus dipastikan dulu produk make up tersebut mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit. Produk make up biasanya mengandung bahan-bahan kimia dalam formulanya. Beberapa bahan kimia ini dapat menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit sensitif. Meskipun produk make up khusus anak, tetapi harus diperiksa terlebih dahulu karena tetap memiliki kemungkinan mengandung bahan berbahaya. Kalau ragu, Lily bisa mengajak Mama mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan apakah produk make up yang akan digunakan itu aman untuk kulit.

Konsultan:

dr. Umi Rinasari, MARS, Sp. KK, FINSDV
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *