Siapa sangka kapal selam yang kini terbuat dari besi berukuran besar dan dilengkapi dengan berbagai senjata, awalnya hanya terbuat dari rangka kayu dan kulit binatang. Cornelius van Drebbel adalah orang yang pertama kali mewujudkan kapal selam.

Gambar kapal selam pertama kali dibuat oleh Leonardo da Vinci. Lalu William Bourne merancang pembuatan kapal selam berbekal dari gambar yang dibuat da Vinci. Belajar dari dua pendahulunya itu, van Drebbel berhasil membuat kapal selam pertama di dunia pada tahun 1620.

Untuk membuat kapal tenggelam ke dalam air, van Drebbel memasang tangki di dalam kapal. Tangki ini bila diisi dengan air maka akan membuat kapal tenggelam. Sebaliknya, jika kapal ingin dinaikkan ke permukaan, maka tangki ini harus dikosongkan.

Menerapkan Prinsip Archimedes

Untuk menggerakkan kapal, van Drebbel menggunakan prinsip Archimedes. Ia memasang beberapa dayung agar kapal bisa bergerak di dalam air. Kapal buatan pertama yang dibekali dengan 12 orang pendayung mampu tenggelam di sungai Thames, Inggris. Kapal selam van Drebbel berhasil menyelam sedalam 160-450 cm selama 3 jam.

Kapal selam van Drebbel berikutnya lebih sukses lagi. Dibekali 6 dayung dan 16 penumpang, kapal ini dapat menyelam sedalam 4-5 meter di bawah permukaan air. Kapal van Drebbel ini mampu menempuh perjalanan dari Westminster ke Greenwich, pulang pergi. Supaya para penumpangnya bisa bernapas, van Drebbel memasang tabung oksigen di dalam kapal.

Kini, kapal selam banyak digunakan untuk kepentingan perang. Padahal van Drebbel menginginkan kapal selam buatannya tersebut digunakan untuk angkutan penumpang. Ya, semoga saja van Drebbel tidak menyesal menciptakan kapal selam!

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *