Kandungan Manfaat di Balik Burger Hitam

Makanan yang berwarna hitam, sepertinya sedang kekinian, ya, Kids? Setelah ada mie hitam, spaghetti hitam, pizza hitam, dan kini muncul yang terbaru yaitu burger hitam.

Tak henti selalu berinovasi, McDonald’s Indonesia pada Jumat, 27 April 2018 lalu, secara resmi meluncurkan menu baru yaitu McSpicy Peri Peri. Burger hitam bertabur wijen yang di tengahnya ada lapisan paha ayam pedas dipadu selembar keju, tomat, selada, dengan saus khas McSpicy dan saus peri-peri.

Istimewa karena rasa roti hitamnya yang khas dan lembut, dipadu lapisan daging, keju, sayur, dan saus peri-peri, menghasilkan campuran rasa yang pas. Manis, gurih, pedas, dan segar.

Menurut Ibu Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, roti McSpicy menggunakan pewarna alami hitam dari bahan arang yang mempunyai sifat mengikat racun dalam tubuh.

Arang kayu atau arang bambu memang sering dijadikan pewarna hitam alami pada makanan, Kids. Di negara lain misalnya Jepang, arang atau charcoal ini juga biasa digunakan untuk membuat roti berwarna hitam. Arang ini juga biasa dijual dengan nama black powder yaitu arang dalam bentuk bubuk.

Dan ternyata, tak hanya memberi warna gelap pada makanan, pewarna arang hitam ini pun mengandung manfaat untuk kesehatan. Charcoal mengandung pori-pori yang dapat mengikat racun-racun dan zat kimia yang masuk ke dalam pencernaan seperti sianida, formalin, asam lemak, obat-obatan, maupun merkuri. Zat-zat racun tersebut kemudian dikeluarkan melalui pembuangan.

Bagus juga ya, Kids? (Novi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *