Tak terasa, ya, sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Nah, untuk menyambut bulan Ramadan di tahun ini, lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar program “Kan Ramadan” untuk mengajak masyarakat meningkatkan ibadah di bulan Ramadan termasuk memberikan sedekah.

“Kita harus menyambut bulan Ramadan dengan persiapan terbaik. Lakukan ibadah-ibadah terbaik, termasuk sedekah terbaik. Tak hanya itu, setelah Ramadan pun kita tetap harus selalu  memberikan yang terbaik atas berkah Ramadan yang didapat,” ajak Presiden ACT, Ibnu Khajar.

Meski saat ini pandemi COVID-19 masih belum usai, namun hal itu diharapkan tidak lantas membuat ibadah-ibadah kita di bulan Ramadan ini menjadi kurang khusyuk. Diharapkan, dengan kondisi saat ini justru membuat kita semakin semangat menjalankan ibadah.

“Melalui sedekah di saat pandemi, masyarakat justru bisa lebih semakin menguatkan mereka yang membutuhkan, seperti misalnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” tutur Bapak Ibnu.

Dalam kesempatan peluncuran program “Kan Ramadan” oleh ACT pada Jumat, 4 Maret 2022 lalu, hadir pula Publik Figur Ade Jinggo, Chand Kelvin, Dewan Syariah ACT Ustaz Bobby Herwibowo, dan Ketua Dewan Pembina ACT Imam Akbari.

Dalam Ramadan kali ini, tak hanya mengajak untuk sedekah tanpa alasan apa pun, ACT juga menyiapkan berbagai program lengkap sesuai dengan kebutuhan umat, aktivitas dan implementasi yang masif, didukung tim relawan dengan jumlah banyak serta jangkauan yang luas. Bantuan juga beragam mulai dari pangan/makanan, bantuan untuk guru dan dai di tepian negeri, pembangunan Masjid di pelosok daerah, hingga distribusi mushaf Al-Qur’an serta zakat fitrah.

Tak hanya di Indonesia, beragam aksi kebaikan selama Ramadan juga ACT lakukan di negara-negara terdampak konflik kemanusiaan dan krisis sumber daya seperti di Palestina, Suriah, Yaman, Rohingya, serta warga prasejahtera di negara-negara di benua Afrika.

Ustaz Bobby Herwibowo yang juga Dewan Syariah ACT, mengibaratkan bulan Ramadan adalah musim panen, sedangkan bulan Syaban adalah masa tanam. “Untuk itu, mari kita biasakan dan tingkatkan ibadah sejak bulan Syaban ini. Sehingga ketika Ramadan, kita sudah terbiasa dengan tingginya intensitas ibadah dan kita pun bisa memperoleh pahala ibadah sebaik-baiknya,” tutupnya.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *