Unilever Luncurkan Kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ Untuk Ajak Masyarakat Cermat Memilih Produk

Kebaikan yang kita berikan, sekecil apapun, bisa berdampak positif pada lingkungan. Salah satunya dengan cermat memilih produk. Lho, memang ada hubungannya? Tentu saja ada, saat kita membeli, menggunakan atau mengonsumsi suatu produk, kita juga bisa ikut melakukan kebaikan bila produk tersebut diproduksi oleh perusahaan yang juga bertanggung jawab terhadap sesama (dalam hal ini masyarakat) maupun lingkungan.

Ya, permasalahan dunia saat ini sudah semakin kompleks, mulai dari tantangan kesehatan, perubahan iklim maupun permasalahan sampah yang semakin menggunung. Alangkah baiknya, bila setiap tindakan kita tidak menambah buruk segala permasalahan itu, melainkan mengurangi dampaknya.

Untuk itulah, Unilever meluncurkan kampanye “Setiap U Beri Kebaikan” untuk mengajak konsumen agar lebih cermat dalam memilih produk. “Kami juga ingin menunjukkan bahwa brand yang memiliki tujuan memiliki peran yang besar untuk menciptakan manfaat sosial dan juga meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan,” ujar Ibu Hernie Raharja, Director of Foods and Beverages PT Unilever Indonesia Tbk.

Ada 12 merek produk Unilever yang tergabung dalam kampanye ini. Antara lain, Lifebuoy yang mengajarkan kebiasaan hidup bersih kepada anak-anak Indonesia, kecap Bango yang telah memberikan pelatihan kepada 10.500 petani kedelai hitam, dan produk-produk lain seperti sampo, pasta gigi, deodoran, hingga es krim.

Para pembicara dalam acara peluncuran kampanye “Setiap U Beri Kebaikan” oleh Unilever di Kaum Jakarta, Senin (22/07) (kiri – kanan) Joe Taslim, Actor and Social Activist; Rinda Liem, Co-founder of Project Semesta; Hernie Raharja, Director of Foods and Beverages, Unilever Indonesia dan Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications, Unilever Indonesia

“Kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta berkontribusi positif dalam memberikan kebaikan. U di sini bukan hanya bermakna Unilever, namun U (baca: you). Jadi setiap kamu bisa menjadi konsumen yang peduli. Yuk, jadi konsumen yang cerdas, cermat dan juga teliti terhadap produk. Pastikan produk itu dari perusahaan yang bertanggung jawab dan tidak merusak lingkungan,” ajak Ibu Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk.

Lewat kampanye ini, Unilever mengajak konsumen untuk cermat melihat 4 hal dalam memilih produk, antara lain: 1. sumber bahan baku, apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab (2) apakah produk tersebut memberikan manfaat sosial (3) apakah produk memiliki upaya pelestarian lingkungan (4) apakah produknya memiliki purpose atau tujuan mulia.

Untuk semakin menularkan semangat ini lebih luas lagi, Unilever berkolaborasi dengan brand lokal ternama CottonInk dan Project Semesta. Mereka menghadirkan t-shirt dan tote bag untuk diperjual belikan kepada konsumen. Hasil penjualan akan digunakan untuk mengedukasi lebih banyak lagi masyarakat mengenai produksi dan konsumsi berkelanjutan bersama dengan komunitas Project Semesta.

Joe Taslim, aktor dan aktivis sosial yang turut hadir pada acara peluncuran Kampanye ‘Setiap U Beri Kebaikan’ sangat menyambut baik upaya peduli lingkungan ini. “Sebagai Ayah dan konsumen, sebelum beli produk, saya lihat dulu kemasannya. Apakah sumber bahan baku yang digunakan aman, dan sebagainya. Apakah barang yang kita beli punya tanggung jawab itu. Kalau untuk anak, saya mengajarkan hal yang sederhana dulu sebagai upaya melindungi bumi, misalnya hemat energi, matiin lampu saat tidak dipakai, hemat air, mengurangi pemakaian plastik dan sebagainya. Saya mendukung kegiatan Unilever ini, kita semua selayaknya bertanggung jawab dan bisa memberikan nilai lebih kepada bumi kita tercinta, khususnya Indonesia,” katanya.

Yuk, kita sebarkan kebaikan kepada sekeliling kita demi dunia yang lebih baik. Mulailah dengan langkah kecil, memilih produk dan layanan yang memiliki nilai lebih dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi sosial maupun lingkungan.

Foto: Efa, Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *