Kak Belva Devara, Pendiri Bimbel Online Ruangguru yang kini juga menjabat sebagai Staf Khusus Presiden RI, Bapak Joko Widodo, belum lama ini mengumumkan akan memberikan seluruh gaji dan tunjangannya untuk para pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi dalam program Cipta Nyata.

Cipta Nyata adalah program pengembangan kapasitas generasi muda dan kompetisi online yang diluncurkan oleh Kak Belva untuk masyarakat Indonesia yang memiliki minat kewirausahaan dan/atau sedang menjalankan usaha UMKM.

Setiap bulan, program Cipta Nyata memberikan total hadiah Rp 40 juta kepada dua pengusaha yang beruntung dan memfasilitasi program pengarahan atau mentorship langsung oleh praktisi dari lini usaha yang diajukan.

Pada periode pertama ini, Selasa, 7 Januari 2020, Kak Belva pun mengumumkan dua peserta yang menjadi pemenang fase pertama. Kedua peserta merupakan peserta terpilih dari 400 pendaftar untuk kategori pertama, yaitu bidang fashion. Kedua peserta terpilih itu mendapatkan bantuan pendanaan masing-masing sebesar Rp 20 juta dan program pengarahan atau mentorship langsung oleh praktisi dari lini usaha yang diajukan.

Pemenang kategori fashion adalah dua peserta program Cipta Nyata yakni Hamparan Rintik oleh Kak Fikrah Ryanda Saputra dan MERITS oleh Kak Dania Arsella. Mereka telah melalui proses penilaian yang panjang, meliputi penilaian dari proposal bisnis, Business Model Canvas, dan video bisnis.

Hamparan Rintik oleh Kak Fikrah Ryanda Saputra (24 tahun) merupakan sebuah UMKM berbasis di Malang yang bergerak pada bidang fashion yang menghidupkan kecintaan pada batik. Hamparan Rintik memiliki prinsip bisnis yang ramah lingkungan dengan konsep zero waste dan penggunaan pewarna alam.

Adapun MERITS oleh Kak Dania Arsella (23 tahun) merupakan sebuah ide bisnis yang menggunakan benda dan bahan tidak terpakai untuk memproduksi wooden clutch bag. Dengan menggunakan kembali (reuse) berbagai sumber daya alam, MERITS dapat membuat produk yang sangat ikonik. MERITS mengutamakan keselarasan pertumbuhan ekonomi dan juga prinsip keberlanjutan lingkungan.

“Mereka menjadi pemenang karena karya mereka adalah yang terbaik dari tiga kriteria penilaian, yaitu proposal bisnis, Business Model Canvas, dan video bisnis. Kedua pemenang ini pun memiliki potensi yang besar untuk memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat sekitar. Saya harap bantuan dana dan program mentorship yang diberikan dapat mengakselerasi dan memberikan solusi kepada permasalahan bisnis mereka,” kata Kak Belva.

Selain itu, ada juga lima “Special Mention”, di antaranya; Dama Kara (sebuah bisnis pakaian dengan desain yang digambar dari rekan-rekan autisme), Aksara Nusantara (jam tangan melestarikan budaya aksara), Wear Black (marketplace yang fokus membantu content creation, marketing, dan collaboration platform), Gora Bali (tas kulit dengan aksen Bali), dan Javaiden (jumput batik yang menggabungkan art, fashion, dan science dalam produknya).

Sebagaimana diketahui, gaji kotor dan tunjangan sebagai Staf Khusus Bapak Jokowi untuk Kak Belva sebesar Rp 51 Juta. Namun setelah dikurangi pajak, seluruh penghasilan bersihnya yang sebesar Rp 40 Juta disumbangkan sepenuhnya untuk mendanai pemenang Cipta Nyata setiap bulannya.

Sebanyak 400 UMKM yang telah mendaftar di program Cipta Nyata dapat menampilkan keberagaman dan besarnya potensi yang dimiliki oleh berbagai UMKM di Indonesia. Dua peserta terpilih dalam program Cipta Nyata di bidang fashion tersebut telah menampilkan potensi yang luar biasa untuk UMKM mereka dan dapat menunjukkan dampak positif yang bisa diberikan kepada lingkungan.

Periode Kedua

Cipta Nyata periode ke-dua telah dibuka sejak tanggal 8 Januari 2020, dengan mengusung tema baru yaitu Food and Beverage (F&B) atau makanan dan minuman, dengan batas akhir pendaftaran 22 Januari 2020. Untuk informasi lebih lanjut, klik situs www.ciptanyata.com.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *