Dalam upaya penanganan kasus Covid-19 di Indonesia, para tenaga medis menjadi garda terdepan yang sangat rentan terhadap penularan virus corona karena mereka kerap berkontak erat dengan pasien. Namun akibat besarnya kebutuhan, Alat Pelindung Diri (APD) yang dapat melindungi mereka dari paparan virus corona pun menjadi semakin menipis dan langka.

Hal itu menggerakkan yayasan bank mata non-profit Lions Eye Bank Jakarta bersama dengan Kak Adinia Wirasti mengambil bagian untuk mendukung perjuangan para tenaga medis dengan mengajak masyarakat berdonasi melalui situs web BenihBaik.com. Donasi dilaksanakan selama 90 hari dari sejak 28 Maret 2019 hingga 27 Juni 2020. Hingga tanggal 3 April 2020, telah terkumpul sebanyak Rp. 15.393.233 dari 61 donatur.

“Ditengah situasi pandemi Covid-19 ini, tenaga medis harus bekerja tanpa kenal waktu demi kesembuhan pasien covid-19. Alangkah baiknya pengorbanan yg telah mereka lakukan kita bantu dengan tetap di rumah saja, tidak keluar rumah untuk menurunkan angka penularan dan menyediakan alat pelindung yang baik sehingga para tenaga medis dapat bekerja maksimal tanpa takut akan menular terhadap diri mereka sendiri.  Maka dari itu, Lions Eye Bank Jakarta bersama Adinia Wirasti mengadakan penggalangan dana untuk memastikan tersedianya APD yang layak bagi tenaga medis melalui BenihBaik.com,” ucap Dr. Sharita Siregar, pendiri Lions Eye Bank Jakarta.

Bekerjasama dengan BenihBaik.com, Lions Eye Bank Jakarta beserta Kak Adinia Wirasti mengajak masyarakat untuk berkontribusi melindungi para pahlawan medis. Kontribusi masyarakat yang dilakukan melalui situs web BenihBaik.com nantinya akan digunakan untuk membeli APD bagi rumah sakit rujukan penanganan pasien virus corona di wilayah Jabodetabek. APD tersebut berupa masker N-95, masker bedah, kacamata pelindung dan pelindung wajah. Lions Eye Bank Jakarta juga membuka pintu bagi rumah sakit, klinik, dan puskesmas yang berada di wilayah Jabodetabek lain agar mendaftarkan diri menjadi penerima APD yang dibutuhkan.

Selain APD, beberapa kebutuhan kesehatan lainnya berupa vitamin, makanan bergizi, 100 botol jus, masker, dan hand sanitizer juga akan diberikan untuk para tenaga medis dalam upaya menjaga imunitas dan kesehatan diri mereka sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pasien Covid-19.

Kak Adinia Wirasti dalam kesempatan kali ini mengajak masyarakat untuk membantu penanganan Covid-19. “Mari perbesar empati. Kontribusi daripada caci maki. Banyak diluar sana yang harus siap dan sigap menghadapi pandemik ini. Para tenaga medis memerlukan bantuan kita semua yang beruntung untuk melindungi mereka melawan Covid-19. We need them, they need us too. Kita semua disini sama-sama. Sekecil apapun, kontribusi kita bisa membantu,” ungkapnya.

Bagi masyarakat yang ingin berkontribusi dapat langsung mengunjungi situs web BenihBaik.com dan berdonasi tanpa minimum sebagai bentuk kepedulian terhadap penanganan kasus Covid-19 di Indonesia. Lions Eye Bank Jakarta berharap bisa mengumpulkan dana hingga sebesar 300 juta rupiah agar dapat membeli APD dan kebutuhan tenaga medis lainnya secara maksimal.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan donasi ini, tenaga medis Indonesia yang telah bekerja keras siang dan malam bisa mendapatkan APD yang lebih layak serta kebutuhan-kebutuhan kesehatan lainnya. Ini juga merupakan salah satu cara agar kebanyakan dari masyarakat yang ada di rumah bisa berkontribusi terhadap pemulihan pasien Covid-19,” tutup Dr. Sharita Siregar.

Foto: Ist

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *