Seperti Mom dan Dads tahu, Indonesia termasuk wilayah rawan terhadap bencana alam. Tahun ini maupun tahun lalu, ada banyak musibah terjadi seperti gempa bumi maupun tsunami. Adanya informasi peringatan dini bencana alam yang akurat, tepat dan cepat, menjadi krusial untuk meminimalisir dampak bencana yang lebih besar.

Kabar baik bagi seluruh masyarakat Indonesia dan pengguna aplikasi Shopee pada khususnya. Untuk memeriahkan kampanye 11.11 Big Sale tahunannya, kali ini Shopee tak hanya ingin memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi konsumen, namun juga menciptakan dampak positif bagi komunitas maupun masyarakat pada umumnya.

“Sebagai e-commerce, kami ingin tak hanya berperan dalam meningkatkan ekonomi digital, namun juga bisa berdampak positif di bidang sosial maupun kesehatan,” ungkap Handika Jahja, Direktur Shopee Indonesia pada acara konferensi pers virtual Shopee 11.11 Big Sale di Jakarta, Kamis (15/10).

Handika Jahja, Direktur Shopee Indonesia

Bantu Masyarakat Ambil Keputusan Cepat

Salah satunya, upaya tersebut ditunjukkan dengan menghadirkan inovasi terbaru sebagai hasil kolaborasi bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui fitur Peringatan Dini Bencana Alam. Dengan diresmikannya kerja sama ini, pengguna Shopee Indonesia dimanapun mereka berada dapat mengakses informasi dan peringatan dini bencana alam, seperti gempa bumi maupun potensi tsunami secara akurat, tepat dan cepat.

Hal ini bisa Moms dan Dads dapatkan melalui tampilan push notification sesuai dengan lokasi tempat tinggal yang mulai dapat diakses pada 20 Oktober 2020 via aplikasi Shopee.

“Tahun ini maupun tahun kemarin ada banyak bencana yang terjadi di Indonesia, seperti gempa bumi, ataupun tsunami. Kita jadi tahu betapa pentingnya peringatan dini. Sebagai aplikasi belanja, kita punya sangat banyak pengguna berasal dari seluruh Indonesia, kita juga punya database lokasi mereka. Dengan cakupan yang luas, kita bisa bantu BMKG untuk mapping siapa yang terekspos kemungkinan adanya bencana. Sehingga informasi ini bisa sampai lebih cepat kepada pengguna agar mereka bisa melakukan tindakan preventif dini,” imbuh Handika.

Dr. Ir. Muhamad Sadly, M. Eng, Deputi Bidang Geofisika BMKG

Pihak BMKG sendiri sangat menyambut baik kerja sama ini. Bencana, terutama gempa maupun tsunami tak bisa diprediksi kapan datangnya, bisa hari ini, esok, atau lusa. “Fitur peringatan dini ini sangat bermanfaat sekali. Kalau mau jujur, bencana gempa bumi hampir setiap hari terjadi di indonesia. Baik yang di bawah ataupun di atas skala 5 Richter. Apalagi bila terjadi gempa berkekuatan magnitudo di atas 5, ataupun  yang berpotensi terjadi tsunami, tentu informasi peringatan dini ini akan sangat membantu. Masyarakat di sekitar lokasi kejadian bisa mengambil keputusan cepat, misalnya melakukan evakuasi mandiri. Ini lebih efektif daripada menunggu bantuan,” terang Dr. Ir. Muhamad Sadly, M. Eng, Deputi Bidang Geofisika BMKG.

Ia mengambil contoh musibah gempa dan tsunami di Palu dan Lombok tahun 2018 lalu. “Kalau ingat pengalaman gempa lalu, tsunami yang kemudian datang itu cepat sekali. Kurang dari 2 menit waktunya dari kejadian gempa. Inilah mengapa informasi yang akurat dan cepat sangat dibutuhkan untuk keselamatan masyarakat Indonesia dari bencana dan mencegah timbulnya korban jiwa,” paparnya.

Fitur Peringatan Dini bencana Alam mulai bisa diakses oleh pengguna mulai tanggal 20 Oktober 2020

Dukung  Anak Kurang Mampu

Selain fitur peringatan dini bancana alam, upaya Shopee untuk berperan lebih dibidang sosial juga ditunjukkan dengan peluncuran 11.11 Big Charity. Ajang ini akan berlangsung di setiap negara tempat Shopee beroperasi, didukung oleh organisasi sosial terpercaya, selebriti terkemuka, dan brand terbesar di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, Shopee bekerja sama dengan Save The Children, organisasi yang fokus kepada anak-anak Indonesia, dan mengangkat tema “Bantu Pendidikan Anak Indonesia” .

“Bersama Save the Children, kami mengajak pengguna untuk berdonasi melalui aplikasi dalam membantu anak-anak agar tetap memiliki akses untuk dapat beradaptasi dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena dampak dari COVID-19,” ujar Handika.

Donasi yang dikumpulkan nantinya akan dikonversi menjadi bantuan pendidikan yang mencakup paket belajar anak (buku tulis, buku bacaan, alat tulis), pendistribusian lembar kerja siswa (LKS) serta pengadaan guru kunjung untuk mitra-mitra sekolah dari Save the Children yang terdiri dari kurang lebih ratusan sekolah, yang terdiri dari 72 PAUD, 100 Sekolah Dasar, 41 SMP, 13 Sekolah Kejuruan, dan 15 Sekolah Luar Biasa, yang tersebar di 70 kota dan kabupaten Indonesia.

“Kami berharap upaya-upaya ini bisa menjadi awal bagi e-commerce sebagai wadah yang tak hanya berdampak positif bagi ekonomi digital saja, tapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia di berbagai sektor kehidupan,” tutupnya.

Shopee 11.11 Big Sale sendiri akan berlangsung hingga 11 November 2020 dan menawarkan berbagai penawaran super selama 30 hari berturut-turut yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan menaikkan daya beli masyarakat di tengah masa sulit ini. Pengguna dapat menikmati tiga penawaran utama, antara lain: COD Gratis Ongkir Rp 0, Pasti Diskon 50% dan ShopeePay Deals Rp 1.

Foto: Efa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *