Sejak diluncurkan pada 6 Juli 2016, game Pokemon Go sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang, dalam waktu 3 minggu saja. Tapi, tahu nggak, Kids, perjuangan sang kreator untuk bisa mewujudkan game ini?

Ternyata, untuk mewujudkan aplikasi game smartphone ini, butuh waktu yang sangat lama, lho. John Hanke, sang pencipta game berbasis augmented reality (realitas tambahan) ini, mengaku butuh waktu 20 tahun.

Peta 3 Dimensi

Pada tahun 1996, John yang masih kuliah, menciptakan game petualangan bernama Meridien 59. Kemudian, pada tahun 2000, ia meluncurkan Keyhole, perusahaan digital yang membuat peta 3 dimensi dari foto udara dan gps yang saling terhubung. Tak disangka, pada tahun 2004, Google membeli Keyhole dan mengubahnya menjadi Google Earth dengan bantuan John.

Game Berbasis Peta

Keberhasilan Google Earth membuat John semakin ingin berkembang, Kids. Ia pun membuat beragam jenis peta dunia yang terlihat nyata. Lantas, ia membuat Google Geo, disusul Google Maps, dan Street View.  Lalu, pada tahun 2010, ia mendirikan perusahaan Niantic Labs. Perusahaan ini adalah perusahaan pembuat game berbasis peta yang telah dibuatnya bersama Google. Dari perusahaan inilah, game Pokémon Go lahir.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *