Impian manusia untuk mengelilingi dunia dalam waktu yang singkat, bisa terwujud. Empat jam mengelilingi dunia, diklaim oleh para penemu sebuah sistem yang mampu mendinginkan udara yang memasuki mesin pesawat jet dalam waktu singkat.

Para peneliti Eropa yang tergabung di Reaction Engines Ltd. (REL) menemukan jawaban terhadap hambatan yang menjadi kendala selama 3 dekade pada jet luar angkasa. Mereka  berhasil mendisain suatu sistem dalam mesin pesawat jet. Penemuan ini mampu mendinginkan udara yang memasuki mesin pesawat jet dalam waktu singkat. Dari suhu 1000ºC bisa didinginkan dalam waktu kurang dari 100 detik menjadi suhu 150°C.

Pesawat yang dibuat dengan menggunakan teknologi jet terbaru ini akan dinamai pesawat Jet Skylon. Potensi kecepatan pesawat diperkirakan memiliki kecepatan hingga mach 5,5 atau 7.242 km per jam di atas permukaan laut atau 5 kali di atas kecepatan suara. Dengan pesawat ini, bepergian ke belahan dunia lain, tidak akan memakan waktu yang lama. Perkiraan pihak REL Eropa–Sydney yaitu dapat dijangkau selama 4 jam.

Pesawat yang dibuat ini dapat lepas landas dan mendarat di landasan normal. Namun, uniknya, ia bisa juga mengudara hingga luar angkasa. Ada kemungkinan teman-teman bisa berwisata ke planet lain dalam tata surya kita, dengan menggunakan pesawat ini. Pembuatan pesawat Jet Skylon ini menghabiskan dana sekitar US$ 382 juta atau senilai dengan Rp 3,6 triliun. (JFK/DRW)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *