JAKARTA, majalahjustforkids.com – Kakak yang satu ini, idola banget, deh. Sudah pintar, tampan, dan sukses pula! Hmmm.. apa rahasianya, ya, hingga Kak Jerome Polin Sijabat bisa pintar matematika dan sukses seperti saat ini? 

Siapa sangka kalau kesuksesan Kak Jerome Polin Sijabat berawal dari kebiasaannya meng-upload kesehariannya sebagai seorang mahasiswa di Jepang.

Ya, Kak Jerome mulai dikenal setelah membuat kanal YouTube bernama Nihongo Mantappu yang membagikan kesehariannya sebagai mahasiswa Indonesia di Jepang. Di dalamnya, Kak Jerome juga membuat konten vlog, bagaimana cara belajar matematika dan bahasa Jepang.

Sejak Kelas 2 SD

Ternyata, keinginan untuk bisa berkuliah di luar negeri, sudah ada dalam diri Kak Jerome sejak ia duduk di bangku kelas 2 SD, lho! Cowok kelahiran Surabaya, 2 Mei 1998 ini bersekolah SD di Sekolah Intan Permata Hati, Surabaya, SMP juga di Sekolah Intan Permata Hati, Surabaya, dan melanjutkan SMA ke SMA Negeri 5, Surabaya, Jawa Timur.

Setelah lulus SMA, keinginan untuk berkuliah di luar negeri, rupanya terhalang oleh kondisi keuangan keluarganya yang tidak memungkinkan. Namun, hal itu tidak lantas membuat Kak Jerome putus asa. Ia pun mencoba untuk mengambil program beasiswa.

Ikut Program Beasiswa

Kak Jerome lalu ikut ujian seleksi program beasiswa ke Universitas Teknologi Nanyang, Singapura di Jakarta. Putra dari Papa Marojahan Sintong Sijabat dan Mama Chrissie Rahmeinsa ini dinyatakan lulus, tapi hanya memperoleh setengah beasiswa. Karena masih terlalu berat, Kak Jerome tidak mengambil beasiswa tersebut.

Beruntung sang Kakak, Jehian menyarankannya untuk ikut program beasiswa dari perusahaan asal Jepang, yakni Mitsui–Bussan, yang bisa memberikan beasiswa secara penuh. Dengan penuh semangat, usaha, dan kerja keras belajar, Kak Jerome mengikuti ujian seleksi dan dinyatakan lulus!

Anak kedua dari tiga bersaudara ini berhasil mengalahkan 16.000 pesaing dimana hanya ada 2 orang yang terpilih. Cita-citanya sejak kelas 2 SD yaitu bisa berkuliah di luar negeri, tercapai. Ia pun berkuliah di Universitas Waseda, Shinjuku, Tokyo, Jepang, program studi Matematika Terapan.

Tips Belajar Matematika ala Kak Jerome

Menurut Kak Jerome, belajar matematika itu tergantung subjeknya. Biasanya, dalam belajar matematika, Kak Jerome menggunakan metode drill yaitu dengan mengerjakan latihan soal sebanyak mungkin.

“Banyak orang mengira aku jenius, langsung ngerti gitu. Padahal, aku tidak sejenius yang orang-orang kira, tapi aku banyak meluangkan waktu untuk latihan soal-soal hingga ribuan soal,” ungkapnya.

Sedangkan untuk hafalan, Kak Jerome biasanya menggunakan metode menulis ulang materi yang ingin dihafalkan. “Aku tulis ulang materinya, lalu aku tutup buku. Bukunya aku ganti, aku tulis lagi dengan tulisan yang sama, begitu seterusnya sampai hafal,” ucapnya. “Semakin banyak mengulang tulisan. Maka semakin mudah mengingat apa yang ditulis. Dengan menulis, tangan kita akan terlatih dan otak akan mudah mengingat materi tersebut,” tambahnya.

Influencer Terkenal

Awalnya, Kak Jerome tidak pernah mengira bahwa kanal youtube-nya akan mendapat respons yang sangat tinggi. Kini ia pun dikenal sebagai youtuber dan influencer yang followernya mencapai hingga puluhan ribu orang.

Channel Nihongo Mantappu kini telah memiliki lebih dari 5 juta pelanggan di seluruh dunia dimana isinya seputar pendidikan, budaya Jepang, dan kehidupan pribadinya yang ia kemas secara menarik. Ada pula Q&A Group, akun resmi pembelajaran berbasis media sosial. Isinya tentang edukasi pada lebih dari 500.000 siswa SMP/SMA di seluruh Indonesia.

Meski masih berstatus sebagai mahasiwa, bersama teman-temannya, Kak Jerome telah menjadi founder atau pendiri dari beragam perusahaan. Salah satunya, Menantea, minuman merek teh fusion modern di Indonesia. Ada pula Mantappu Corp. yang ia dirikan bersama temannya pada akhir tahun 2017.

Hmmm… pasti kalian semakin kagum, kan? Bisa jadi inspirasi, Kids.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *