Year on TikTok 2021 Ungkap Tren Konten Sepanjang Tahun 2021

Hari ini TikTok mengumumkan tren seputar kreativitas dan referensi video singkat di sepanjang tahun 2021 melalui “Year on TikTok 2021” secara virtual. Di dalamnya terdapat rangkuman kreator, efek, kategori video, hashtag challenge, selebriti, hingga musik terfavorit yang telah memperkaya video-video inspiratif di TikTok, sehingga memberikan kebahagiaan di sepanjang tahun ini.

“Year on TikTok 2021” menunjukkan bahwa TikTok menjadi tempat dimana tren dimulai dan kreativitas diekspresikan tanpa batasan. Video meme serial “Squid Games” dari akun @punyaibenk yang menjadi FYP favorit, resep acar bawang dan terong crispy yang menggemparkan dunia kuliner rumahan, kreator Sisca Kohl dengan tagline “Mari kita coba~” yang menghadirkan konten eksperimen makanan, hingga lagu “To the Bone” dari Pamungkas yang mengisi momen galau, menjadi gambaran keberagaman tren yang menghibur di TikTok tahun ini. Komunitas TikTok yang kini lebih dari 1 miliar di seluruh dunia ini juga senang membagikan rekomendasi produk dan menjadi wadah yang tepat untuk mendukung berkembangnya produk lokal.

Tren video TikTok yang tergambar di “Year on TikTok 2021” ini menunjukkan bahwa konsistensi dan semangat kreator dalam menciptakan konten, berhasil memberikan ragam hiburan dan inspirasi pada komunitas TikTok secara keseluruhan. Hal senada diungkapkan oleh Enda Nasution, Digital Activist dan Social Media Advocate, dimana video-video dari kreator konten ini telah memperluas referensi penikmat video, sehingga mereka bisa menemukan dan menyukai topik-topik baru yang selama ini mungkin tidak mereka lirik.

Munculnya Konten Produktif

“Dengan semakin banyak dan beragamnya konten yang ada di platform digital, ke depannya, kreator akan didorong untuk tidak hanya menghasilkan konten yang positif, tetapi juga memiliki nilai ekonomi, atau bisa disebut konten produktif. Di sini, kreator dan juga platform digital akan lebih mengeksplorasi berbagai jenis konten dan kolaborasi, termasuk dengan brand, yang akan menjadikan dunia konten digital di tahun mendatang lebih menarik lagi,” ungkap Enda Nasution.

Di tahun 2021, TikTok telah menghadirkan berbagai fitur dan inisiatif untuk mendukung para kreator semakin produktif. Salah satunya adalah TikTok LIVE, yang telah menjadi kanal bagi semua pengguna, termasuk kreator, brand, UKM, pecinta game, hingga pemain di industri fesyen, bisa saling berinteraksi dan terhubung lewat fitur livestream. Selain itu, TikTok juga memperpanjang waktu durasi video sehingga pengguna bisa semakin leluasa mengeksplorasi kreativitas mereka melalui konten video.

“Durasi TikTok diperbaharui terus, yang tadinya hanya bisa upload 15 detik, jadi 30 detik, lalu 1 menit. Kita terus mencoba mengakomodir semua kebutuhan. Hadirnya tambahan fitur dan layanan ini merupakan komitmen TikTok untuk siapa saja tetap produktif dalam berkarya, menjalani bisnis, hingga mempelajari hal yang baru di TikTok,” terang Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia.

Ia melanjutkan, bagaimana caranya para kreator bisa tumbuh dan saling menghibur untuk memberikan inspirasi telah menjadi highlight dalam “Year on TikTok 2021″. “Di Indonesia, kita melihat bagaimana tren bermula dan menyebar di laman For You. Kami senang sekali melihat bagaimana komunitas TikTok menghadapi tahun penuh perubahan ini, dan kami tidak sabar untuk melihat lebih banyak momen yang luar biasa dalam perjalanan bersama kreator ke depannya,” imbuhnya.

Tips Menjadi Kreator Konten

Tak lupa, Enda Nasution membagi tips bagi pemula untuk memulai langkah menjadi seorang kreator konten. “Langkah pertama yang harus dilakukan, mulai aja dulu! Bisa dengan cara melihat-lihat konten yang bagus. Tiru dan bikin, lalu posting. Nanti dari sana, akan mendapat respons dan masukan. Biasanya kita bisa mendapat ide-ide dari respons yang masuk,” katanya.

Langkah selanjutnya? Enda memberi saran untuk membiasakan menjalin kolaborasi. “Baik itu dengan content creator yang sudah ngetop, sudah punya nama dan pengikut banyak.Atau bisa juga dengan content creator yang juga baru memulai. Karena dari sana, akan tercipta sharing ilmu, ide, dan sebagainya. Lalu, jika memungkinkan, bergabunglah juga dengan komunitas di sekitar kamu.hal ini bisa sangat membantu seorang kreator. Saat kreator lagi down misalnya atau butuh suntikan semangat atau ide, teman-teman di komunitas umumnya bisa saling membantu,” tutup Enda.

Ask on TikTok

Pengguna TikTok juga bisa merayakan “Year on TikTok” versi mereka melalui Ask on TikTok. Fitur yang spesial diluncurkan di akhir tahun ini bisa digunakan untuk mengekspresikan momen paling berkesan di sepanjang 2021, dengan berbagai pertanyaan menarik seputar tahun 2021 seperti  “Apa yang menjadi highlight tahun 2021 kamu?”,  “Momen apa yang paling membahagiakan di tahun 2021?”, dan sekitar 100 pertanyaan seru lainnya . Pengguna bisa menggunakan video yang sudah ada atau merekam video baru untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Untuk melihat cuplikan video rangkuman “Year on TikTok 2021: Indonesia” dapat dilihat di link berikut.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *