Keluhan pandangan kabur dan tidak jelas ketika melihat ke papan tulis, bisa saja terjadi pada teman-teman. Ini adalah salah satu ciri kelainan mata yang disebut dengan mata minus atau myopia.

Mata minus adalah kelainan refraksi untuk melihat jauh karena sinar sejajar yang masuk melalui kornea, dibiaskan oleh lensa sehingga membentuk bayangan di depan retina. Ini membuat objek-objek jauh yang dilihat akan tampak kabur.

Adapun pada mata normal, sinar yang masuk melalui kornea tadi akan dibiaskan oleh lensa dan membentuk bayangan tepat di dinding retina sehingga bisa melihat objek yang jauh dengan jelas.

Periksakan Diri

Jika mengalami pandangan kabur, ada baiknya teman-teman segera memeriksakan diri ke dokter mata. Dan jika memang terpaksa harus menggunakan kacamata karena sudah tidak bisa diobati, jangan malu ya teman. “Sebab kalau anak-anak sudah terdeteksi mata minus tapi diabaikan atau malas menggunakan kacamata, dikhawatirkan minusnya akan bertambah terus dan membuat tingkat ketajaman penglihatannya tidak bisa optimal,” terang Dr. Ni Retno Setiyoningrum, Ophthalmologist.

Saran Dr. Ni Retno Setiyoningrum:

  1. Sebaiknya kacamata selalu dipakai sehingga mata tetap relaks
  2. Selalu bersihkan kacamata dan lensa jangan sampai lecet
  3. Kontrol rutin setiap enam bulan sehingga bisa diketahui perkembangan pertumbuhan bola mata dan juga ketajaman penglihatan
  4. Jika sering bermain gadget seperti komputer, handphone, game, ataupun menonton TV, istirahatlah 15 menit setelah bermain 1 jam. Sehingga mata tidak terlalu berat untuk fokus terus menerus
  5. Dalam seminggu, lakukan kegiatan outdoor secara khusus selama 70 menit untuk relaksasi mata
  6. Rajin konsumsi telur, sayuran, dan buah-buahan terutama bayam, tomat, dan wortel
  7. Jangan membaca atau menonton TV dalam jarak yang sangat dekat ataupun dengan cahaya yang kurang terang

(ETG/JFK, Ilustrasi: Just For Kids)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *