Pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia, telah memberikan kita banyak pelajaran. Diantaranya adalah pembiasaan hidup bersih dan sehat. Kini, jika memasuki area publik seperti stasiun, bandara, perkantoran, sekolah maupun mal-mal, kita diwajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Itu semua menjadi kebiasaan baru yang harus kita adaptasi, Kids.

Pandemi masih belum usai, jangan lupa untuk terus melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, ya, Kids!

Pakai Masker

Selalu gunakan masker saat keluar rumah dan pakailah masker secara benar. Intinya, kita jangan sampai tertular dan jangan sampai menulari. Sebab, bisa saja kita tidak memiliki gejala penyakit atau hanya gejala ringan saja, namun ternyata kita membawa virus tersebut sehingga bisa menulari orang lain. Jangan lupa, masker pun harus dipakai dengan benar. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu serta hanya dipakai satu kali. Adapun masker kain bisa dipakai ulang jika telah dicuci dengan deterjen. Sedangkan masker medis, harus dibuang setelah dipakai, begitu sampai di rumah. Bahkan saat ini gencar anjuran agar kita menggunakan masker dobel demi terhindar dari virus COVID-19 varian baru yang begitu mudah menular terutama di kalangan anak-anak.

Selalu Jaga Jarak

Selalu jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, saat berada di luar rumah. Jika kita merasa tidak nyaman saat ada orang lain yang berdiri terlalu dekat dengan kita, misal saat mengantre, jangan ragu, minta dengan sopan agar mereka menjaga jarak. Kita bisa mengatakan, “Maaf, tolong jaga jarak, ya.”

Rajin Cuci Tangan dengan Sabun

Rajin cuci tangan dengan sabun. Kita pun sudah sering mendengarnya. Tapi, pastikan juga kita melakukannya dengan benar. Lakukan cuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik dan selalu lakukan meski saat di rumah, ketika tiba di rumah atau di tempat tujuan. Jika tidak menemukan fasilitas cuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer (cairan pencuci tangan yang mengandung alkohol).

Hindari Sentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Saat menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang lain seperti tangga, pegangan pintu, uang, dan lainnya, tangan kamu bisa jadi akan terpapar/terkena virus. Dan jika kamu menyentuh mata, hidung, dan mulut, bisa jadi virus tersebut akan masuk ke dalam tubuh kamu.

Istirahat Cukup dan Rajin Olahraga

Istirahat cukup (cukup tidur di malam hari 8-10 jam) akan membuat kamu mudah berkonsentrasi saat belajar. Rajin olahraga bisa dengan melakukan berbagai aktivitas fisik seperti membereskan tempat tidur, merapikan kamar, meja belajar, ataupun membantu orangtua. Istirahat cukup dan rajin olahraga bisa membuat pikiran dan tubuh kamu bugar.

Cukup Minum dan Makan Makanan Bergizi Seimbang

Cukup minum (6-8 gelas sehari) membuat jumlah cairan dalam tubuhmu terpenuhi.  Cairan dalam tubuh berguna untuk membuang racun, mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh, membantu pencernaan, dan menjaga kerja otak tetap optimal. Makan makanan bergizi seimbang membuat tubuhmu terpenuhi akan kebutuhan nutrisinya. Nah, jika cairan dan nutrisi tubuh terpenuhi, akan meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit ataupun virus.

Ikuti Perkembangan Informasi Lewat Sumber Terpercaya

Selalu ikuti perkembangan informasi dan hanya ikuti sumber terpercaya. Karena ada saja orang yang suka menyebarkan informasi palsu atau hoaks yang akan membingungkan masyarakat dan memperburuk situasi.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *