Kalian suka olahraga basket? Tahukah kalian siapa yang menciptakan olahraga basket untuk pertama kalinya? Ya, dialah James Naismith. Pria kelahiran Almonte, Kanada, 6 November 1861. Penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga American football.

Cerita bermula di tahun 1891, saat Naismith bekerja sebagai guru olahraga di YMCA International Training School, Springfield, Massachusetts. Ia diajak untuk mencari cara bagaimana menghilangkan kebosanan yang dialami para siswa dalam pelajaran olahraga di musim dingin.

Kala itu, para siswa agak bosan dengan latihan olahraga senam yang itu-itu saja. Naismith pun diminta untuk menciptakan permainan olahraga menarik yang bisa dimainkan di musim dingin dalam ruangan tertutup. Terinspirasi pada sebuah permainan yang dimainkannya saat kecil, Naismith mendapat ide menciptakan permainan bola basket pada 15 Desember 1891.

Jumlah Pemain

Karena Naismith mengasuh 18 pelajar di dalam kelasnya, maka awalnya bola basket dimainkan oleh 9 orang setiap regu. Tahun 1892, bola basket dimainkan oleh 7 orang setiap regu. Dan tahun-tahun selanjutnya mengalami perubahan, hingga akhirnya saat ini dimainkan oleh 5 orang untuk setiap regu-nya.

Pada Agustus 1936, saat menghadiri Olimpiade Berlin tahun 1936, Naismith dinobatkan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Diketahui, Naismith yang terlahir sebagai warga Kanada, menjadi warga negara Amerika Serikat pada 4 Mei 1925. Naismith pun meninggal dunia di Amerika Serikat pada 28 November 1939 di usianya yang ke-78 tahun.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *