Jakarta, majalahjustforkids.com – Pada bulan November 2022 lalu, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP) bekerja sama dengan Jawa Barat Bergerak (Jabar Bergerak) telah mengirimkan donasi sebesar 400 Juta untuk membantu para korban bencana gempa yang terjadi di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Inisiatif ini dilakukan sejalan dengan salah satu pilar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh Allianz Indonesia, yaitu pilar Lingkungan dan Penanggulangan Bencana.

Sebagai bagian dari gabungan donatur untuk korban gempa Cianjur yang difasilitasi oleh Jabar Bergerak, Allianz Indonesia mendukung arahan pemerintah untuk pelaksanaan penyaluran bantuan.

Tiga tahapan yang dilaksanakan adalah bantuan jangka pendek untuk penanganan awal bencana, bantuan jangka menengah untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan para pengungsi korban gempa, serta bantuan jangka panjang meliputi rekonstruksi dan renovasi dari rumah, bangunan dan fasilitas umum yang terdampak.

Saat ini, penyaluran bantuan telah sampai pada tahapan jangka panjang yang menyediakan hunian dan fasilitas umum untuk keseharian para korban yang terdampak.

Pada tanggal 12 Januari 2023 lalu, Allianz Indonesia menghadiri peresmian fasilitas umum berupa Ruang Serba Guna, Dapur Umum, Sarana Jamban Bersama (Sajaber), dan bangunan Hunian Sementara (Huntara) bagi para penduduk yang tidak bisa menempati rumah tinggal mereka pasca bencana gempa, di Kampung Selakawung Kidul, Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Acara Peresmian ini dihadiri oleh Ibu Atalia Praratya selaku Pendiri Jabar Bergerak, bersama-sama dengan beberapa donatur lainnya. Sejauh ini pihaknya sedang mengelola 5.321 bantuan baik dari pihak perorangan maupun perusahaan untuk disalurkan kepada masyarakat.

Pada acara peresmian tersebut dilakukan peletakan batu pertama untuk program kolaborasi pembangunan Sajaber sebanyak 8 titik sebagai kick off dari 20 titik lokasi yang sudah ditentukan. Proses pembangunannya akan dilakukan dalam beberapa tahapan. Pada tahap ke-1 sebanyak 7 Unit Sajaber dibangun di Kecamatan Cilaku dan 1 unit di Kecamatan Cugenang.

Pada tahap ke-2, akan dibangun 3 Unit Sajaber di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku dan 5 Unit Sajaber di desa Cijedil dan sisanya akan diselesaikan dalam tahap ke-3.

Selain Sajaber, saat ini juga telah tersedia 75 dari 100 bangunan Huntara yang akan dibangun oleh Jabar Bergerak. Sebanyak ±623KK saat ini telah terbantu oleh fasilitas yang dibangun oleh para relawan dan dukungan donatur melalui Jabar Bergerak.

Rencananya, fasilitas yang disediakan untuk para korban yang terdampak ini dapat digunakan hingga masa pemulihan yang ditargetkan berakhir di bulan Maret 2023 atau sampai hunian tetap selesai dibangun. Disamping itu akan dilaksanakan juga pembangunan kembali Mesjid Jami Al Hidayah di Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, yang pada saat ini masih dalam proses desain dan penghitungan RAB.

“Kami berharap dukungan yang telah disalurkan untuk masyarakat di Cianjur ini dapat semakin membantu meringankan beban yang mereka alami. Allianz Indonesia ingin senantiasa memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia. Kami juga berkomitmen untuk terus mewujudkan kepedulian terhadap sesama, sehingga bersama-sama kita dapat mencapai pemulihan dan perbaikan pasca bencana,” ujar Ibu Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Di akhir acara, pihak Jabar Bergerak menambahkan bahwa donasi yang telah disampaikan oleh para donatur akan terus disalurkan kepada masyarakat Cianjur yang terdampak, di antaranya untuk pembangunan sarana pendidikan, seperti pendampingan untuk Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

Allianz Indonesia akan terus terus bersama-sama mendampingi proses penyaluran donasi ini untuk memastikan masyarakat Cianjur korban gempa bisa mendapat bantuan hingga selesai masa pemulihan.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *