Rabu, 7 Agustus 2019. Meski hari menjelang sore, namun suasana di kawasan Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) yang berada di La Piazza, Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, justru semakin ramai. Hari itu memang berbeda dari hari biasanya, Kids. Ya, sebab, mulai tanggal 7 Agustus hingga 8 September 2019, digelar salah satu signature event kuliner Jakarta yang setiap tahun selalu dinanti kehadirannya. Acara pesta kuliner nusantara ini diikuti oleh lebih dari 100 pedagang makanan terpilih, dan 60% diantaranya adalah pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Tak heran saat memasuki kawasan KTD, mata kita akan dimanjakan dengan berbagai stand kuliner yang sangat menggoda. Dari mulai tahu gejrot, rujak beubeuk, asinan Bogor, gudeg Yogyakarta, sate klopo Surabaya, rujak Shanghai, mie kocok, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak terasa, air liur pun hampir saja menetes. Hehe…

Untuk diketahui, festival kuliner di KTD ini merupakan bagian dari rangkaian acara Food Festival dalam program Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2019. Acara ini sudah dilaksanakan untuk yang ke-16 kalinya, lho, Kids! Setiap tahun penyelenggaraannya, selalu menampilkan hal yang baru dan berbeda. Pada tahun ini, KTD hadir dengan tema Kuliner Legendaris. Menghadirkan menu-menu makanan dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Kuliner Legendaris ini dipilih berdasarkan riset tim KTD dimana rata-rata pedagang telah dikenal luas masyarakat, dan eksis melakukan usaha selama lebih dari 3 dekade (30 tahun).

17-18 Agustus 2019

Nih, catat tanggalnya, ya, Kids. Kuliner legendaris Jakarta akan hadir pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2019, diwakili oleh Soto Tangkar Tanah Tinggi 1946, Bakmi Amoy Gang Gloria Kota Glodok 1980, Nasi Uduk Kebon Kacang, Rujak Shanghai Encim 1950, Ketan Susu Kemayoran, Pempek Megaria 1989, Es Teler Sari Mulia Megaria, dan Soto Betawi H. Ma’Ruf Sejak 1940.

24-25 Agustus 2019

Minggu berikutnya, yaitu 24 dan 25 Agustus 2019, bergantian akan dihadirkan kuliner legendaris dari Bogor dan Sukabumi, seperti Soto Kuning Pak Aming, Cungkring Pak Jumat, Martabak Air Mancur, Es Bir Kotjok Si Abah Sejak 1965, Toko Asinan “Asli Bogor” Sejak 1967, Asinan Jagung Bakar Pak Sabur Sejak 1968, dan Bubur Ayam Bunut Siliwangi Sukabumi.

31 Agustus-1 September 2019

Minggu berikutnya lagi, ada kuliner legendaris Jawa, dari kota Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya yaitu pada tanggal 31 Agustus dan 1 September 2019. Diwakili oleh Mangut Kepala Manyung Bu Fat, Asem-Asem Daging Koh Liem Semarang, Lumpia Super Cik Yoen Semarang, Tahu Lek Telor Cak Kahar Surabaya, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Pisang Goreng Madu Bu Nanik, dan Gudeg Sagan Yogyakarta.

7-8 September 2019

Nah, sebagai penutup, pada tanggal 7 dan 8 September 2019, giliran kuliner Bandung dan Cirebon diwakili oleh Kupat Tahu Gempol 1965, Batagor Abun, Ayam Madu Sibangkong, Es Duren Sakinah Pak Aip, Iga Bakar Si Jangkung, Nasi Jamblang Mang Dul, Mie Koclok Edi, Empal Gentong Mang Darma Asli, dan Kerupuk Sambal.

KTD dibuka setiap hari, Senin hingga Kamis 16.00-22.00 WIB, Jumat 16.00-23.00 WIB, Sabtu 11.00-23.00 WIB, dan Minggu 11.00-22.00 WIB. Melihat jumlah pengunjung yang selalu meningkat setiap tahunnya, maka pada tahun ini, area KTD diperluas hampir dua kali lipat. Apalagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sudah menghadirkan fasilitas transportasi terbaru (LRT/Lintas Rel Terpadu) di Kelapa Gading, sehingga semakin mudah dijangkau.

“JFFF adalah sebuah program yang tak hanya bertujuan melestarikan budaya Nusantara, namun juga semakin meningkatkan kekuatan perekonomian melalui para UKM dan industri lokal anak bangsa. Diharapkan pada penyelenggaraan ke-16 kalinya ini, JFFF senantiasa memberikan kontribusi bagi industri kreatif lokal kita yang berbasis budaya Nusantara, khususnya di sektor mode dan kuliner guna memperkuat daya tarik Jakarta sebagai destinasi wisata,” ujar Bapak Adrianto P. Adhi, President Director PT Summarecon Agung Tbk.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *