“IT’S SHOWTIME!” Janjikan Pertunjukan Balet yang Kaya Warna

Teman-teman suka menari balet? Di akhir bulan September mendatang, ada pertunjukan balet dari kakak-kakak penari Indonesia Dance Company (IDCO), lho!

Ini adalah kali ketiga IDCO menyelenggarakan sebuah pertunjukan. Sejak berdiri tahun 2016, IDCO memang fokus mempersembahkan karya-karya terbaiknya dalam sebuah pertunjukan tahunan.

Pertunjukan musim ke-3 ini bertajuk “It’s… Showtime!” yang rencananya akan digelar  pada pada Sabtu, 29 September 2018 pukul 19.30 WIB dan Minggu, 30 September 2018 pukul 17.00 WIB. Lokasinya di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

It’s… Showtime! berdurasi kurang lebih 2  jam. Akan ada 25 penari dari IDCO yang akan tampil.  “Bagi kami, semua penari adalah pemeran utama, masing-masing punya kelebihan. Ini adalah ajang bagi mereka untuk mengekpresikan dirinya,” ujar Kak Claresta Alim, Executive Director dari IDCO yang sukses mengantarkan para penarinya meraih berbagai penghargaan nasional maupun internasional.

(ki -ka) Leonny Eriesa sebagai IDCO Managing Director), Claresta Alim sebagai Executive Director IDCO) dan Jonatha Pranadjaja sebagai IDCO Ballet Mistress [Foto: RHDprod./Yayat]
Nantinya, pertunjukan akan dibagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama menampilkan tarian balet variasi yang alur ceritanya tidak berkaitan satu sama lain, mulai dari Giselle, Harlequinade, Swan Lake, Nutcracker dan Le Corsaire. Lalu, sesi kedua, giliran penari mempertontonkan tarian kontemporer,  jazz, tradisional, dan hip-hop.

Lalu, untuk menunjukkan bahwa negara kita Indonesia sungguh kaya budaya, tarian tradisional akan ditampilkan dengan iringan live music (pertunjukan musik secara langsung).  “Kami ingin menunjukkan pada generasi muda bahwa budaya Indonesia bukan hanya tarian, tapi juga musik,” tambah Kak Claresta.

Oh ya, bukan hanya 25 penari utama yang berusia 18 tahun ke atas saja, lho, yang akan tampil di panggung nanti. Teman-teman penari yang tergabung dalam kategori training (usia 7 – 12 tahun) di IDCO juga akan memamerkan kebolehannya menari, lho!

Jangan salah, Kids. Meskipun disebut ‘training’, mereka piawai banget menari balet, bahkan berprestasi di kancah internasional.

“Nantinya,  adik-adik berusia 7-12 tahun tersebut akan tampil pada pertunjukan selingan,” terang Kak Jonatha Pranadjaja sebagai IDCO Ballet Mistress.

Kalau ingin serius menekuni balet, Kak Jonatha punya tips untuk kalian. “Selalu rajin berlatih, meskipun capek, tapi kalau punya niat maka yakinlah semua tak akan sia-sia. Perbanyak referensi, misalnya nonton di Youtube yang menampilkan penari-penari balet profesional yang berprestasi,” katanya.

Gerakan gemulai dan kelenturan tubuh penari balet sering membuat penonton terkesima [Foto: RHDprod./Yayat]
Meskipun usia terbaik mulai berlatih balet adalah usia 3 tahun, Kak Jonatha menegaskan, tak ada istilah terlambat untuk belajar.

“Memang sih,  jika belajar balet pada usia yang lebih besar (usia sekolah dasar), akan terasa lebih berat dan lebih sakit karena otot-ototnya mulai kaku, tidak selentur jika di bawah 5 tahun. Tapi, kunci utamanya adalah niat dan rajin latihan. Pasti akan bisa, kok…” ujarnya meyakinkan.

Nah, supaya kamu nggak penasaran melihat bagaimana indah dan lenturnya gerakan penari balet, ajak keluarga menonton “It’s… Showtime!” Tiket dijual mulai harga Rp. 150 ribu (Balcony) dan Rp. 200 ribu (VIP). Catat tanggalnya, ya! 29 dan 30 September 2018. (Efa, Foto: RHDprod./Yayat)

3 Comments

  1. harus ikut nihhh
    saya dari lombok gi mana cara daftar dari luar daerah min?

  2. nicee
    harus ikut nihhh
    saya dari lombok gi mana cara daftar dari luar daerah min?

  3. terma kasih
    harus ikut nihhh
    saya dari lombok gi mana cara daftar dari luar daerah min?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *