Libur t’lah tiba… Libur t’lah tiba… Hore.. Hore.. Hore! Setelah beres ujian, akhirnya, liburan akhir tahun pun tiba. Tentu saat-saat yang ditunggu, bukan? Lalu, mau kemana nih liburan kamu, Kids?

Nah, Kids bisa mencoba kegiatan camping dengan menginap di alam terbuka. Asyik karena menyajikan suasana yang berbeda dibandingkan liburan dengan menginap di hotel atau villa. Camping berarti Kids tidur di tenda bersama keluarga, latihan masak-memasak di sekitar tenda, dan yang paling seru yaitu membuat api unggun di malam hari.

Tentu berbeda dengan para petualang yang gemar camping di hutan dan gunung, Kids sudah cukup seru camping di bumi perkemahan alias Buper.

Di seputaran Jakarta, ada sejumlah bumi perkemahan seperti Buper Cibubur dan Buper Ragunan. Di Bogor ada Buper Sukamantri dan di Bandung ada Buper Ranca Upas. Nah, kali ini, Just For Kids, ingin mencoba tempat yang baru yaitu di Buper Karang Kitri, Bekasi.

Untuk menuju Buper yang terletak di Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Kids akan melewati suasana adventure. Ini karena jalanan yang berkelok-kelok, maklum Desa Karang Mulya terletak di perbukitan.

Salah satu jalur yang paling umum adalah melalui kawasan Delta Mas, di sekitar kantor pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi. Dalam rute sepanjang 20 km ini, Kids akan melihat sisi modern Bekasi dengan deretan bangunan pabrik. Sedangkan Selatan Bekasi menyajikan sisi tradisional seperti deretan sapi yang tengah merumput, sampai sawah hijau yang terhampar layaknya permadani sepanjang mata memandang.

Di Buper yang berdiri sejak tahun 1990 ini, Kids bisa memilih lokasi untuk mendirikan tenda. Maklum Kids, lokasi Buper ini sangat luas yaitu 43 hektar dengan daya tampung hingga 10 ribu orang.

Lokasi camping ground bisa Kids pilih di lokasi Kebun Pule, lokasi Parkir Utama, lokasi Patung Kitri, lokasi Kebun Jati, lokasi Kebun Pule kecil ataupun lokasi bekas Peternakan Sapi.

Kids bisa mengenal sekitar 100 jenis pohon besar yang membuat rimbun. Salah satunya adalah pohon bahan pensil dan bahan batang korek api yaitu pohon Pule.

“Tempat  ini memang disediakan untuk pendidikan lingkungan terutama bagi siswa. Soal fasilitas cukup lengkap seperti MCK, tempat ibadah, dan keamanan,” tutur Bapak Juhanda, salah seorang pengelola Buper Karang Kitri.

Foto: Novi

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *