Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih belum merata, khususnya kualitas antara pendidikan di Indonesia Barat dengan Indonesia Tengah dan Timur. Beberapa faktor penyebabnya antara lain karena tidak memadainya fasilitas pendidikan yang ada, serta keahlian guru yang masih kurang atau tidak sesuai.

Sekolah Kristen IPEKA (Iman, Pengharapan dan Kasih), salah satu sekolah Kristen terbaik di Indonesia menyadari tingginya kebutuhan akan sekolah berkualitas, khususnya di wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Hal ini dikarenakan, sekolah-sekolah berkualitas berperan penting sebagai sarana mempersiapkan generasi muda yang memiliki kemampuan akademik serta karakter yang unggul.

Menjawab kebutuhan tersebut, IPEKA menunjukkan komitmennya dengan membangun IPEKA Center Point of Indonesia (CPI) sebagai bentuk kontribusi untuk ambil bagian dalam memajukan Indonesia melalui pendidikan. Setelah sebelumnya Sekolah Kristen IPEKA Makassar hadir sejak 1998, IPEKA CPI diharapkan dapat semakin menghadirkan pilihan sekolah berkualitas di kota Makassar.

Ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama pada 1 April 2022, IPEKA CPI di kota Makassar resmi mulai dibangun. Prosesi ini di antaranya dihadiri oleh Ketua Umum Sinode GKY, Pdt. Yohanes Adrie, Ketua Yayasan IPEKA, Erwin Tenggono, serta Direktur Utama Operasional IPEKA, Pdt. Handojo. Dengan dimulainya pembangunan ini, gedung IPEKA CPI diperkirakan selesai pada Mei 2023.

IPEKA CPI dipersiapkan untuk menerapkan kurikulum berstandar internasional yang mengedepankan pendidikan berbasis teknologi dan literasi. Di IPEKA CPI, para guru atau tenaga pendidik harus memiliki standar kemampuan mengajar dalam Bahasa Inggris, serta memiliki kemampuan digital yang baik. Selain itu, para guru juga harus memiliki spiritualitas yang baik, karena di IPEKA para guru harus dapat membimbing murid-murid nya dalam segala aspek dan menjadi teladan bagi mereka.

“Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar di IPEKA CPI, para guru dan pemimpin yang melayani di IPEKA CPI sudah kami persiapkan lebih awal sebelum sekolah ini beroperasi. Para guru akan dibekali dengan pelatihan-pelatihan yang dapat melengkapi kemampuan mereka dalam menerapkan pembelajaran di IPEKA CPI,” ujar Direktur Utama Operasional IPEKA, Pdt. Handojo.

IPEKA CPI berlokasi di CitraLand City Losari Makassar. Pemilihan lokasi tersebut terbilang strategis karena terletak di depan Pantai Losari dan pusat kota Makassar. Pengembangan kawasan ini merupakan bagian dari visi kawasan baru yang disebut “The Center Point of Indonesia.”

CitraLand City Losari Makassar juga akan menjadi pusat pusat pertumbuhan ekonomi baru dan pusat perekonomian kota Makassar yang saat ini tengah tumbuh pesat.

Sekolah Kristen IPEKA CPI akan melayani mulai dari jenjang Nursery (Kelompok Bermain) hingga SMA yang akan dibuka secara bertahap. Penerimaan Murid Baru rencana akan dimulai pada September 2022. Untuk tahun 2023, IPEKA CPI akan memulai pelayanan secara bertahap dengan membuka jenjang Nursery, TK, SMP, dan SMA.

Kurikulum yang digunakan di Sekolah Kristen IPEKA CPI adalah kurikulum berstandar internasional yang disesuaikan dengan mengedepankan pendidikan berbasis teknologi dan literasi. Proses pembelajaran banyak memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan chromebook sebagai media utama pembelajaran. Proses tatap muka di kelas juga lebih difokuskan pada kelas yang interaktif untuk mengembangkan keterampilan abad 21 bagi murid, yaitu: Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity melalui aktivitas diskusi, debat, dan sebagainya.

Dalam proses pembelajarannya, Sekolah Kristen IPEKA CPI akan selalu menanamkan lima nilai inti yaitu melayani, disiplin, integritas, pembelajar seumur hidup, dan saling menghargai. IPEKA juga menekankan para murid memiliki empati serta menghargai keberagaman. Sedangkan fasilitas yang tersedia di IPEKA CPI selain ruang kelas, antara lain: Lapangan Basket, Lapangan Voli, Laboratorium Sekolah yang lengkap, Taman Bermain Anak, Perpustakaan, Aula, dan Ruang Terbuka untuk murid beraktivitas.

“Kami berharap dengan hadirnya IPEKA CPI di kota Makassar, IPEKA dapat menjadi partner orang tua dalam mempersiapkan masa depan anak sesuai dengan potensi dan passion mereka, agar kelak mereka dapat menjadi orang-orang yang berguna bagi kemajuan Indonesia dan memuliakan Tuhan,” tutup Pdt. Handojo.

(Foto: dok. IPEKA)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *