Kamu pasti penasaran, apa yang bikin ayam goreng McD terasa beda dengan gerai cepat saji lainnya. Ya, dagingnya terasa lebih segar, empuk, dan lezat karena bumbunya meresap hingga ke tulang. Yummy…

Itu semua dimulai dari peternakan ayam yang dimiliki oleh McDonald’s Indonesia. Di peternakan ayam tersebut, setiap ayam begitu sangat diperhatikan “kesejahteraan” nya seperti makanannya, tempat tinggal (kandangnya), kesehatan fisik, dan juga mentalnya, lho! Alias semua ayam-ayam terhindar dari yang namanya stres. Bahkan, kandang ayam jantan dan betina pun terpisah! Waaa… seru, ya..Untuk menunjukan komitmennya dalam memberikan kualitas makanan terbaik bagi keluarga Indonesia, sekaligus memperkenalkan variasi menu ayam terbarunya yaitu Smoky BBQ Wings, McDonald’s Indonesia mengajak masyarakat melihat lebih dekat sistem peternakan ayamnya.

Dipandu Kak Zata Bening Awanis, Senior Communications Officer McDonald’s Indonesia, pada Rabu, 18 Mei 2022 meski secara virtual, kita bisa melihat langsung bagaimana bersih dan higienisnya peternakan ayam McDonald’s Indonesia yang berada di kawasan Cianjur, Jawa Barat tersebut. Ayam-ayam juga terlihat sehat, segar, gemuk, dan bersih. Tak hanya itu, demi melindungi ayam-ayam yang ada di peternakan, sebelum masuk, Kak Bening harus membersihkan diri terlebih dahulu dan memakai baju serta sepatu khusus.

900 Ribu Ayam per Bulan

Peternakan yang dikelola oleh PT QL Trimitra tersebut menerapkan prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare) sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Memiliki luas 14 hektar dengan 20 kandang dimana satu kandangnya dihuni sekitar 35 ribu ayam. Mampu memenuhi kebutuhan ayam McDonald’s Indonesia dimana per harinya dibutuhkan 30 ribu ayam (satu bulan 900 ribu ayam).Jarak antara peternakan dengan RPH (Rumah Pemotongan Hewan) juga tidak jauh sehingga ayam tidak mengalami stres dalam perjalanan. Ayam dipotong setelah cukup umur dengan target bobot yang sudah ditentukan yaitu 28 hari dengan bobot 1,6 kg dan 35 hari dengan bobot 2 kg. Setelah dipotong menjadi 8, 9, atau 10 bagian sesuai kebutuhan, ayam dimarinasi (dibumbui) dengan resep khusus McDonald’s Indonesia.Satu hal yang tidak dimiliki oleh RPH lain yaitu di RPH PT QL Trimitra memiliki alat yang disebut dengan metal detector (alat untuk mendeteksi kandungan metal/besi pada suatu produk). Nah, ayam-ayam yang sudah dipotong, dimarinasi, dan dikemas, terlebih dahulu harus melalui metal detector. Setelah aman, baru kemudian dikirim ke restoran-restoran McDonald’s Indonesia dengan perlakuan suhu rendah sehingga bakteri tidak bisa berkembang (1-4 derajat celcius).Ibu Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia mengatakan, mereka menyadari bahwa masyarakat Indonesia saat ini memiliki kecenderungan untuk semakin memperhatikan mutu makanan yang dikonsumsi. “Tidak hanya mencari kualitas rasa, namun juga memperhatikan keamanan dari mutu makanan. Untuk itulah, McDonald’s Indonesia berinisiatif mengajak masyarakat mengetahui lebih lanjut bagaimana mereka menjaga kualitas bahan makanan dengan cara menerapkan berbagai prosedur dan standarisasi yang memastikan kesejahteraan ayam di peternakan sehingga menghasilkan daging ayam berkualitas tinggi yang akan dinikmati oleh konsumen,” ungkap Ibu Sutji.Untuk menghasilkan kualitas daging ayam terbaik, McDonald’s Indonesia menerapkan prinsip kesehatan dan kesejahteraan hewan yang meliputi proses pengecekan kesehatan secara berkala serta memberikan kenyamanan maksimal-termasuk penggunaan sistem ventilasi khusus untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk, memberikan ruang gerak yang cukup, melakukan kontrol kualitas dan kuantitas pakan ternak serta menciptakan lingkungan dan tempat berjalan yang menyerupai habitat alami.

Selain itu, untuk menjaga keamanan, McDonald’s Indonesia juga menerapkan prosedur keamanan hayati atau biosecurity. Prosedur ini meliputi sanitasi yang berarti menjaga kebersihan semua elemen, baik dari para pekerja hingga ekosistem kandang, juga proses isolasi yakni sebuah tindakan untuk mencegah kontak di antara hewan pada suatu area atau lingkungan. Tindakan yang paling penting dalam pengendalian penyakit adalah meminimalkan pergerakan hewan dan kontak dengan hewan yang baru datang.Bapak Imam Gazali selaku QA Manager McDonald’s Indonesia mengatakan, sebagai salah satu menu yang menjadi favorit mayoritas masyarakat Indonesia, tentunya menjadi komitmen mereka untuk dapat menjaga kualitas ayam yang disajikan. “Semua prosedur dan sistem yang kami terapkan di kandang ayam sudah sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini menjadi elemen yang sangat signifikan bagi kami, karena kenyamanan ayam memiliki peranan penting untuk memastikan daging ayam yang kami sajikan memiliki kualitas terbaik,” tutur Bapak Imam.

Cita Rasa ‘Smoke’ sedang Populer 

Tidak hanya menyoroti mengenai kualitas ayam yang digunakan, dalam kesempatan ini McDonald’s Indonesia juga memperkenalkan satu lagi menu baru bagi masyarakat Indonesia. Menu olahan ayam memang selalu diminati oleh para konsumen Indonesia, untuk itu kali ini McDonald’s Indonesia menghadirkan menu Smoky BBQ Wings yang terinspirasi dari menu dengan cita rasa ‘smoke’ atau asap yang saat ini tengah populer di kalangan pecinta kuliner tanah air.Smoky BBQ Wings merupakan ayam spesial khas McDonald’s berbalut tepung dengan cita rasa ‘smokey’ yang krispi dan dipadukan dengan saus BBQ yang lezat. Menu ini tidak dijual ala carte dan hanya dapat dibeli dalam paket PaNas HeBat (Paket Nasi Hemat BANGET) Smoky BBQ Wings dengan mendapatkan potongan sayap ayam yang dibagi menjadi dua bagian, serta disajikan dengan paket bersama half scrambled egg, nasi, dan minuman Fruit Tea Lemon.

Konsumen dapat memesan secara langsung di McDonald’s cabang terdekat melalui Drive Thru, McDelivery, maupun aplikasi GrabFood dan GoFood, Shopee Food dengan harga Rp 26,818 sejak tanggal 16 Mei – 21 Agustus 2022.

Foto: Novi, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *