Kondisi pandemi Covid-19 yang membuat anak-anak sekolah melakukan metode pembelajaran jarak jauh secara daring, membuat mereka semakin bergaul akrab dengan gadget, entah itu smartphone, tablet ataupun laptop. Tak hanya untuk belajar online, anak-anak juga kerap mencari hiburan via gadget, entah itu menonton, bermain game, berinteraksi dengan teman-teman, dan sebagainya. Bisa dibilang, gadget sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup mereka.

Tak jarang, saking fokusnya dengan gadget mereka, anak-anak seolah terlihat mengisolasikan diri dari dunia dan anggota keluarga sekitarnya, membuat mereka tampak pasif. Fenomena ini tentu bertambah buruk di masa pandemi ini, di mana kebanyakan keluarga memilih untuk tidak keluar rumah. Sebagai pelampiasan kejenuhan, teknologi pun menjadi semakin erat digunakan.

Sebagai orangtua, Moms tentu ingin anak menghabiskan waktunya secara seimbang, baik untuk bermain dan belajar. Itulah mengapa waktu screen time anak dengan gadget hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin. Nah, jangan khawatir! Moms bisa menemukan hal itu di Osmo. Salah satu Top 3 Cutting-Edge Tech Gifts 2020 untuk anak-anak di dunia internasional ini resmi hadir di Indonesia.

Osmo adalah suatu revolusi di dunia pendidikan anak-anak usia 3-12 tahun, yang mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan perangkat permainan fisik untuk dimainkan menggunakan tangan. Teknologi AI dari Osmo ini mendapatkan pembuktian secara nyata ketika Osmo memenangkan the Best AI-based Solution for Education Award di Amerika. Melalui penyampaian yang sederhana dan menyenangkan, Osmo menghadirkan edukasi kepada anak-anak dengan metode yang interaktif dan terbukti menjadi solusi teknologi yang bersahabat bagi anak-anak dan juga orang tua.

(Kiri ke kanan) Lukas Kailimang, ahli pendidikan dan alumni Harvard Graduate School of Education, Dian Asa Sinaga, perwakilan dan distributor eksklusif Osmo Indonesia, Nucha Bachri, Co-Founder Parentalk.id dan Podcaster @curhatbapakibu, serta Michelle Hadipranoto, model dan influencer cilik saat acara talkshow Grand Launching Osmo pada Kamis (18/2) di Jakarta

“Osmo menjawab kekhawatiran kita sebagai orangtua mengenai screen time, karena Osmo memberikan materi pelajaran bermutu tinggi dan rand. Dengan menggabungkan dunia digital dengan realitas, anak-anak mendapatkan stimulasi otak yang aktif, sekaligus mengasah otak kanan mereka untuk membangun critical thinking dan problem-solving skills. Yang sangat berharga adalah, Osmo justru menghadirkan materi untuk STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math) namun dikemas secara interactive dan menarik untuk anak-anak kita,” ucap Dian Asa Sinaga, selaku representatif dan exclusive distributor resmi Osmo di Indonesia pada acara grand launching event Osmo, Kamis (18/01).

Ia melanjutkan, Osmo di desain oleh tim ahli di bawah pimpinan ex-Google engineers, Pramod Sharma dan Jerome Scholler, di Palo Alto, California dan telah mendapatkan berbagai penghargaan dari Time Magazine sebagai Best Invention, terpilih menjadi Parents’ Choice Magazine’s Gold Award, penghargaan bergengsi dari Oppenheim Best Toy Platinum Award, dan Toy of the Year Award Finalist di Amerika Serikat. Tahun ini, Osmo juga menjadi salah satu Best Tech Toys of 2021.

Toko mainan paling terkenal di Inggris, Hamleys, juga menobatkan Osmo sebagai salah satu Top Toys for Christmas 2020. Osmo juga mengadakan kolaborasi dengan perusahaan mainan terkemuka seperti Disney dan Mattel. Sebagai informasi, Osmo juga telah dijual di lebih dari 40 negara dan di implementasikan di lebih dari 31.000 kelas sedunia, serta digunakan oleh lebih dari 2.5 juta keluarga di seluruh dunia. Pada situs e-commerce Amazon.com dan Amazon.co.uk, Osmo telah menarik puluhan ribu customer reviews, semua dengan rating 4-5 bintang.

Perangkat Little Genius Starter Kit (untuk 3-5 tahun) yaitu permainan merangkai huruf, bentuk, dan costume pieces untuk melatih spelling guna meningkatkan kreativitas, imajinasi serta social emotional skills anak. Sedangkan Genius Starter Kit (6-10 tahun) digunakan untuk belajar mengeja (spelling), dan melatih kemampuan anak dalam Matematika melalui permainan Tangram dan Numbers

“Selain menghadirkan aktivitas STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math), Osmo membantu anak-anak untuk belajar membaca, mengenal suara (phonics), matematika, komunikasi, kewiraswastaan, kreativitas, koordinasi motorik antara mata dan tangan, serta berbagai aspek edukasi lainnya. Anak-anak kita tidak akan menatap layar gadget tanpa interaksi seperti menonton TV, ataupun bermain online games biasa. Sebaliknya, mereka akan belajar berpikir kreatif untuk menemukan solusi dalam sebuah permainan. Satu hal lain yang tidak kalah penting, Osmo memperkuat bonding antara anak dengan orangtua karena interaksi dan komunikasi selama bermain dan belajar bersama. Osmo membawa sembilan jenis permainan ke Indonesia dan dua jenis aksesoris. Kami juga akan membawa beberapa Osmo games baru yang sangat menarik di tahun ini.“ jelas Dian.

Lukas Kailimang, Managing Partner dari Kartika Strategic Education Solutions (“K-SES”), sebuah badan konsultasi strategi dan manajemen pendidikan yang berfokus untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia, menekankan bahwa bermain (play) memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang dan pendidikan anak, sedangkan pemahaman budaya kita seringkali memisahkan antara bermain dan belajar.

“Osmo memberikan solusi yang inovatif bagi anak-anak kita dengan memadukan learning dan play secara interaktif dan positif. Sangat disayangkan bahwa di era digital ini, banyak media maupun alat permainan yang digunakan anak-anak hanya bersifat pasif dan menghibur, maka tidak mengherankan jika malah kebiasaan buruk atau gadget dependency / addiction-lah yang muncul. Oleh karena itu, saya sangat senang dengan kehadiran OSMO di Indonesia. Sebagai alat permainan dan educational technology tool, OSMO adalah alat edutainment yang terbaik yang saya pernah jumpai di Indonesia sampai saat ini,” pujinya.

Sebagai langkah awal, Osmo Indonesia telah membuka akun official store di beberapa e-commerce besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan JD.id – demi memberikan akses secara cepat kepada pelanggan Indonesia. Sejak masa pre-order di Desember 2020 sampai hari ini, Osmo telah menjual kepada pelanggan dari Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Tarakan, Balikpapan, Pekanbaru, hingga kota Mataram di Nusa Tenggara Barat. Mereka juga sedang menjajaki peritel offline untuk memperkenalkan konsep Osmo secara langsung. Saat ini, Osmo telah hadir di Books & Beyond di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *