Inisiatif Dompet Digital DANA Sebagai Solusi Masyarakat Jalani Fase New Normal

Sejak dimulainya pelonggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala besar), masyarakat sangat familiar dengan istilah ‘new normal’ atau tatanan kehidupan baru. Walau mungkin Moms dan Dads sudah mulai beraktivitas seperti biasa, tentu harus tetap memiliki kedisiplinan dan kewaspadaan yang tinggi agar tetap terlindungi  di tengah produktivitas yang mulai meningkat kembali. Salah satu caranya adalah dengan pemanfaatan teknologi digital.

“Sekarang ini digital sudah menjadi keharusan, bukan alternatif atau pilihan lagi. Covid-19 membuat banyak orang sadar bahwa setiap permukaan yang disentuh bisa menjadi sumber penularan penyakit. Makanya, penting sekali adanya interaksi contactless di era new normal ini. Salah satunya adalah metode pembayaran. Di Indonesia, pembayaran dengan uang tunai (cash) masih dominan, tapi kita tahu uang bisa menjadi medium penularan penyakit. Contohnya saja, virus korona bisa tahan menempel di kertas selama 4-5 hari,” ujar Chief Executive Officer DANA, Vincent Iswara dalam acara virtual media briefing DANA siang tadi.

Mengingat kebutuhan tersebut, dompet digital DANA yang mengusung metode cashless (pembayaran non-tunai) dan contactless (tanpa kontak) berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologinya agar selalu siap dan dapat  membantu masyarakat untuk beradaptasi dalam situasi New Normal ini. Untuk itu, diutarakan Vincent, mereka tak henti-hentinya terus berinovasi mengembangkan teknologi finansial digital yang ramah, inklusif dan adaptif.

“Selama pandemi lalu, terhitung dari Maret sampai Mei 2020, kita sudah meluncurkan 20 fitur baru,” katanya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat beradaptasi dengan berbagai situasi, termasuk di masa new normal.

Ia mengatakan, masyarakat semakin sadar pentingnya pembayaran melalui dompet digital. Pengguna DANA, katanya, sudah meningkat menjadi 20 juta hingga akhir April 2020 lalu. Sementara itu, hingga akhir Mei 2020 terjadi pertumbuhan transaksi pengguna di DANA sebesar 50 persen.

Vincent Iswara, Chief Executive Officer DANA

Ditambahkan oleh Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA, di antara ragam fitur yang dihadirkan DANA, ada 2 fitur yang mendapat popularitas tinggi selama masa pandemi. Pertama, fitur donasi, dan yang kedua fitur Home Shopping, terutama pada kategori Groceries.

“Ternyata, kesadaran masyarakat Indonesia untuk berbagi di masa sulit pandemi ini sangat tinggi. Terjadi peningkatan transaksi sebanyak 6 kali lipat dibandingkan sebelum PSBB. Lalu, fitur Groceries juga banyak diminati. Sejak PSBB, orang-orang memilih untuk tidak belanja langsung di pasar atau supermarket, tapi belanja groceries online. Nah, transaksi belanja kebutuhan sehari-hari ini meningkat 4 kali lipat,” terang Rangga.

Untuk semakin mengakomodasikebutuhan pengguna, Rangga menegaskan DANA akan terus berupaya mengembangkan teknologi yang tepercaya (trusted), ramah dan mudah digunakan (friendly), serta bisa diakses oleh siapapun (accessible).

Luncurkan Ragam Inisiatif di Masa Pandemi

Adapun beberapa inisiatif yang sudah diluncurkan DANA untuk membantu dan menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi maupun new normal ke depannya, antara lain:

  • Miniprogram Siap Siaga COVID-19. Layanan ini hadir sejak 28 Maret 2020 Di sini, masyarakat bisa mendapatkan info terbaru mengenai jumlah kasus terinfeksi Cobid-19, akses pemberitaan terkait COVID-19, tips bertransaksi nontunai digital yang aman dan praktis selama pandemi, diagnosis mandiri, info rumah sakit terdekat, dan sebagainya.
  • Program Donasi #TempatSinggahPejuangMedis. DANA mendukung aksi sosial kemanusiaan #TempatSinggahPejuangMedis yang digagas oleh Habitat for Humanity Indonesia (Habitat) yang bertujuan menyediakan tempat istirahat yang layak bagi para tenaga medis yang berjuang dalam penanggulangan COVID-19.
  • Dukung UMKM Lewat Home Shopping. Layanan ini untuk membantu para mitra merchant DANA, khususnya mitra offline,  agar dapat tetap beroperasi di tengah pandemi. Fitur ini menghubungkan pengguna DANA dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp. Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan DANA QRIS (QR Code Indonesia Standard yang diterbitkan oleh DANA). Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen.
  • DANA Telemedicine. Fitur ini terhubung langsung ke YesDok, aplikasi penyedia layanan telemedika. Masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan atau berkonsultasi via video dengan dokter serta memperoleh obat-obat yang diresepkan, kapan saja dan di mana saja.
  • DANA Siaga. Ketika tulang punggung keluarga menjadi ODP, PDP, bahkan suspect terkena Covid-19 dan harus diisolasi, maka ekonomi keluarga dapat terancam. Nah, fitur terbaru Dana Siaga ini memudahkan masyarakat mendapatkan proteksi melalui produk asuransi jiwa dan kesehatan dengan premi terjangkau, proses yang simpel, serta klaim lebih cepat yang disediakan platform teknologi asuransi PasarPolis.

“Digitalisasi sudah semakin penting. Tugas dan pe-er kami adalah untuk terus semakin meningkatkan edukasi ke masyarakat bahwa pembayaran dompet digital itu aman, semua data terlindungi dan tidak akan bocor ke pihak manapun, praktis, efisien dan hemat biaya,” tutup Vincent.

(Foto: Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *