[Foto] Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya pada acara bincang media “Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018

Ketika pergi berlibur ke dalam maupun luar negeri, pasti teman-teman akan mencari tahu apa makanan khas di sana. Rasanya nggak puas kalau belum mencobanya, ya. Tapi, sebenarnya, apa sih makanan nasional andalan Indonesia?

Maklum saja, setiap daerah di Indonesia punya makanan khas. Saking banyaknya, kita nggak punya makanan nasional yang jelas. Inilah yang menjadi salah satu kendala dalam memperkenalkan wisata kuliner Indonesia kepada turis mancanegara.

5 Makanan Nasional Andalan Indonesia

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya pada acara bincang media “Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Untuk itulah, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akhirnya menetapkan makanan nasional dari Indonesia untuk ditonjolkan kepada wisatawan asing. “Jepang punya sushi, Thailand terkenal dengan Tom-yum. Kalau ke Korea, apa yang pengin dicobain? Kimchi, kan? Nah, Indonesia punya makanan khas daerah yang banyak banget, jadi perlu ada yang ditonjolkan untuk menarik minat wisatawan asing,” katanya.

Setelah berdiskusi dengan para ahli kuliner, akhirnya Kementerian Pariwisata menetapkan 5 makanan nasional dari Indonesia yang menjadi andalan, yaitu: soto, rendang, nasi goreng, sate dan gado-gado.

Nah, kalau kamu kebetulan pergi keluar negeri, atau bertemu dengan wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Indonesia, jangan lupa untuk mempromosikan lima makanan nasional andalan negara kita itu, ya, Kids.

Kita tahu, suatu negara bisa menjadi terkenal karena makanannya. Itulah mengapa, sangat penting pula untuk mempunyai daerah destinasi wisata kuliner kelas dunia. Kemenpar sedang fokus mengembangkan 3 daerah Indonesia yang menjadi tujuan wisata kuliner para turis, yaitu Bali, Bandung dan Yogyakarta.

“Kendala lain dalam promosi wisata kuliner adalah sedikitnya keberadaan restoran Indonesia di luar negeri. Bandingkan dengan Thailand yang punya 16 ribu restoran di luar negeri. Sementara yang tak terhitung jumlahnya, saking banyaknya, adalah restoran Cina dan Jepang. Di mana-mana, pasti deh orang gampang mencoba Chinese atau Japanese food, ini PR (pekerjaan rumah) bagi pemerintah maupun pelaku usaha,” ujarnya.

Festival Kuliner dan Belanja Sebulan Penuh

Selain kuliner, belanja adalah salah satu daya tarik orang berwisata. Nah, untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara dalam menikmati wisata kuliner dan wisata belanja, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) kembali menggelar Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) untuk yang ketiga kalinya.

Acara bincang media “Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

Ajang ini akan berlangsung selama sebulan penuh mulai  tanggal 27 September hingga 27 Oktober 2018 secara serentak di 12 provinsi dan 150 mal di Indonesia.

Wah… bakal seru, nih! Soalnya, kamu, Mama, Papa, seluruh keluarga dan masyarakat bisa menikmati aneka ragam makanan khas Indonesia yang lezat. Dan, kita juga bisa belanja dengan diskon yang fantastis.

WICSF 2018 akan dibuka secara resmi di Beachwalk Shopping Center, Bali pada tanggal 27 Oktober 2018. Kenapa di Bali? “Hingga saat ini, Bali menyumbang 41 persen kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia,” terang Bapak Arief Yahya.

Di Jakarta sendiri, ada 8 mal yang berpartisipasi dalam Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018, yaitu: Kota Kasablanka, Gandaria City, Baywalk Mall Pluit, Emporium Pluit Mall, Lippo Mall Puri, Mall @Bassura, Lippo Mal Kemang dan Plaza Festival.

Ajang WICSF 2018 ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan kuliner dan budaya nusantara serta berbagai produk kreatif kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, dan juga wisatawan mancanegara.

Yuk, mari kita meriahkan pelaksanaan WICSF 2018 agar berjalan sukses dan lancar. (Efa, Foto: Istimewa)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *