Istilah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” merupakan sebuah ungkapan yang lazim didengar dan bahkan menjadi motivasi bagi sebagian orang untuk menjalani hidup yang sehat. Selain berolahraga, asupan gizi yang baik dari makanan juga perlu diperhatikan untuk mendapat tubuh yang sehat. Tapi tahukah kamu bahwa selain itu, pola makan sehat juga punya berbagai peran penting untukmu? Yuk, simak 4 alasan mengapa makanan sehat dapat mengubah hidupmu!

  1. Makanan memengaruhi emosi kita

Tak hanya sebagai pengisi perut, makanan juga dapat memengaruhi emosi hingga asosiasi yang kita bangun dalam pikiran. Sebagai contoh, salah satu asosiasi memori terkuat yang kita miliki adalah melalui indra penciuman dan perasa. Karena adanya koneksi yang kuat dalam otak kita antara rasa dan ingatan, makanan dapat mengingatkan kita akan suatu peristiwa, perasaan, orang, tempat, ataupun asosiasi lainnya.

  1. Kecerdasan seseorang datang dari makanan yang sehat

Sebuah penelitian dari Departments of Neurosurgery and Physiological Science, University of California mengungkap jika makanan sehat dapat memengaruhi kecerdasan seseorang. Kesehatan dan fungsi otak akan makin optimal apabila kita rutin mengonsumsi makanan sehat, sebab otak kita selalu ‘haus’ akan bahan bakar berupa nutrisi. Salah satu contohnya adalah konsumsi asam lemak omega-3 yang terbukti berdampak positif bagi perkembangan otak.

Tak hanya itu, makanan sehat juga berperan penting untuk menjaga otak kita tetap tajam dan mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Makanan tinggi vitamin, antioksidan, dan fitokimia tertentu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Sedangkan sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam yang kaya akan vitamin E dan K, dapat memperkuat daya ingat dan membantu menjaga “usia otak” kita.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung, khususnya ikan berlemak seperti salmon dan sarden yang kaya akan asam lemak omega-3. Selain ikan, protein nabati seperti kacang-kacangan, buncis, lentil, dan biji-bijian juga telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa makanan kaya protein tersebut adalah pilihan yang lebih sehat dibanding daging sapi.

  1. Mencegah peradangan dan penuaan dini

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan, kacang-kacangan, dan polong-polongan dapat membantu melawan peradangan dan mencegah penuaan dini. Tak hanya itu, makanan berwarna merah tua seperti tomat dan semangka yang mengandung antioksidan likopen juga mampu melawan radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penuaan.

Itu dia 4 alasan pola makan yang sehat dapat memberikan perubahan positif pada dirimu. Mau tahu fakta-fakta menarik lainnya seputar sains, ekonomi, dan edukasi? Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah melalui ruangbaca by Ruangguru.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *