Ternyata, kebiasaan minum air putih yang cukup sejak kecil, membuatmu terhindar dari gangguan kesehatan dan cerdas di masa depan. Maka dari itu, penuhi kebutuhan air-mu, ya!

Apakah kalian tahu berapa kebutuhan air minum kalian dalam sehari? Nah, kalian yang berusia 4-6 tahun, membutuhkan 1.2 liter air per hari (5-6 gelas sehari), sedangkan kalian yang berusia 7-9 tahun, membutuhkan sekitar 1.5 liter air per hari (6-7 gelas sehari). Menurut penelitian, kondisi sekarang ini menunjukkan jika 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum. Ayo…. kamu termasuk yang kurang minum tidak, Kids?
Dan ternyata, selain orangtua, lembaga pendidikan seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berperan penting terhadap pemenuhan kebutuhan air pada anak sejak dini. Saat ini, lembaga PAUD yang tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) tengah menyusun pola ajar minum air yang tepat untuk anak usia dini.
“Di PAUD biasanya menggunakan metode pembiasaan dan pembelajaran. Pembiasaan rutin ada jadwalnya di sekolah, kalau dilakukan terus-menerus akan menjadi pembiasaan pada anak-anak,” ujar Ketua Umum HIMPAUDI Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.SI. dalam media session kolaborasi Danone Aqua dan HIMPAUDI pada program Aku Mau Air, Aku Mau Sehat, di Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.
Saat ini, menurut Ibu Netti, HIMPAUDI sedang membuat buku khusus tentang manfaat minum air, bahaya jika anak kurang minum, dan ciri kekurangan minum air, serta ciri air sehat. Buku ini nantinya akan disebarkan ke seluruh PAUD di Indonesia. Cara lainnya adalah melalui lirik lagu yang menjadi pengingat anak untuk minum.
Kerjasama antara HIMPAUDI dan Danone Aqua ini diikuti oleh 90 lembaga PAUD, 786 guru, dan 4500 anak dari 34 provinsi. Mereka berkompetisi mencari cara pola ajar pendidikan minum air sehat dengan tema ‘Aku Mau Air, Aku Mau Sehat’. Nantinya metode terbaik akan menjadi percontohan bagi PAUD di Indonesia, untuk kebiasaan minum air yang sehat. (Retno)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *