Kids, dalam bahasa kita, burung unik ini disebut dengan burung Kolibri. Keunikan burung ini bukan hanya tubuhnya saja, lho, yang kecil!

Penamaan Hummingbird berasal dari kata Humming yang artinya bersenandung. Ternyata, suara ini adalah suara yang dihasilkan kepakan sayap mereka ketika terbang. Burung Hummingbird terbang dengan sangat cepat. Dalam satu detik gerakan sayapnya bisa mencapai 12-80 kepakan. Kids, Hummingbird adalah satu-satunya burung yang bisa terbang mundur! Menarik, ya?

Burung yang memiliki nama ilmiah Trochilidae ini hidup di benua Amerika Selatan, Utara, dan Tengah. Habitat mereka beragam, yaitu gurun, hutan, sampai pantai.

Karena pergerakan mereka yang aktif, Hummingbird perlu banyak makan. Makanan burung ini adalah sari bunga (nektar). Hummingbird memiliki daya ingat yang kuat. Mereka ingat setiap lokasi bunga-bunga yang pernah mereka kunjungi.

Ketika cuaca dingin dan bunga yang jadi makanan susah didapatkan, Hummingbird akan memasuki masa torpor (mati suri). Suhu tubuh dan detak jantung mereka akan menurun. Torpor membuat Hummingbird bebas dari kelaparan karena bisa menyimpan energi yang dibutuhkan untuk bergerak.

 

 

 

 

Teks: JFK    Foto: Istimewa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *