Kelas Pintar Luncurkan Aplikasi Khusus Android TV dan Paket Internet Lancar

Coba Moms dan Dads amati, apa kendala yang kerap dihadapi selama si buah hati melakukan pembelajaran online selama pandemi kurang lebih setahun ini? Apakah itu masalah kuota internet yang cepat habis, kesulitan dalam mengawasi atau khawatir dengan kesehatan mata anak yang selalu memandang layar monitor gadget dari jarak dekat?

Ya, banyak orangtua mengeluhkan kendala di atas saat mendampingi anaknya belajar online. Seperti yang diakui oleh Fikri Anggara, salah satu orangtua murid.  Ia mengaku sering mengeluarkan biaya lebih untuk paket data internet. “Sering cepat habis kuota internet-nya, sehingga butuh yang internet unlimited biar lebih hemat. Kendala lain, kadang-kadang pakai paket data, internetnya lambat atau buffering, padahal saat lagi penting-pentingnya. Soalnya di masa pandemi ini bukan hanya anak saja yang belajar online, orangtua pun banyak yang harus kerja secara online dari rumah. Jadi, kita butuh yang koneksi internet-nya stabil, ” ucapnya.

Selain masalah internet, ketersediaan perangkat (device) pun memberikan kendala tersendiri. “Jujur nih, saya suka rebutan laptop sama anak saya. Dia untuk belajar online, saya untuk kerja, hehe. Kita mesti bergantian pakai laptop, ini menyulitkan juga sih,” katanya.

Fikri Anggara, orangtua murid

Nah, untuk menjawab kendala tersebut, ada kabar gembira nih bagi para orangtua dan siswa. Memasuki paruh kedua tahun ajaran 2020-2021, Kelas Pintar selaku penyedia solusi pendidikan berbasis teknologi memperkenalkan cara baru dalam mengakses layanan SOAL dari Kelas Pintar. Dengan cara baru ini, pengguna Kelas Pintar kini bisa belajar dan latihan SOAL menggunakan Android TV.

“Selama ini Kelas Pintar hanya bisa diakses melalui smartphone, tablet, PC maupun laptop. Sekarang  juga bisa diakses oleh siswa melalui Android TV, dengan layar yang lebih besar. Tak hanya memberikan keleluasaan dan kenyamanan, tapi juga merupakan solusi untuk pengajaran yang lebih efektif,” jelas Dedy Ariansyah, Group Head of Product, Academic & Technology Kelas Pintar pada acara peluncuran Aplikasi Khusus Android TV dan Paket Belajar Internet Lancar secara virtual, Rabu (17/01).

Ya, dengan keberadaan opsi ini, para siswa bisa melakukan pembelajaran melalui konten video yang tersedia, berlatih SOAL, dan melihat raport melalui layar yang lebih lebar dan orangtua juga bisa melakukan proses pendampingan belajar dengan lebih nyaman dan leluasa.

Inovasi ini pun sangat disambut baik oleh Fikri. Sambil mengarahkan layar kamera laptopnya ke arah kiri, ia menunjukkan posisi sang anak yang sedang mengakses Kelas Pintar melalui  Android TV di ruang tamunya. “Sekarang nggak perlu rebutan laptop lagi. Nah, yang saya suka juga, saya bisa kerja tapi juga mendampingi sekaligus mengawasi anak apakah benar belajar atau nggak karena bisa melihat jelas apa yang terpampang di layar. Beda kalau dia belajar pakai smartphone yang layarnya kecil, terkadang dia suka nyuri-nyuri waktu main game pas belajar, saya susah ngawasin langsung,” ceritanya.

Selain itu, keberadaan aplikasi Kelas Pintar versi Android TV membuat interaksi antara ia dan anak saat proses pendampingan belajar jadi lebih leluasa dan nyaman, karena ukuran layar yang relatif lebih lapang. “Memicu kita juga jadi lebih sering diskusi pelajaran, terus saya nggak khawatir lagi anak nyuri-nyuri main game,” senyum Fikri.

Para pembicara dalam acara peluncuran Kelas Pintar Versi Android TV dan Paket Internet Lancar: Dedy Ariansyah, Group Head of Product, Academic & Technology Kelas Pintar (tengah) dan Mauldi Wirastomo, Head of Product & Solution Dept. Moratelindo (kanan), hari ini, Rabu (17/01)

Kelas Pintar versi Android TV, ditambahkan Dedy, juga sekaligus menjawab kekhawatiran orangtua. “Saat belajar jarak jauh, anak kan harus belajar online dengan gadget-nya. Banyak orangtua khawatir soal kesehatan mata anak. Nah, kalau belajar melalui Android TV yang layarnya besar, jarak pandang anak terhadap layar bisa lebih jauh, sehingga kesehatan mata anak lebih terjaga,” imbuh Dedy.

Sebagai informasi, aplikasi Kelas Pintar versi Android TV saat ini masih terbatas untuk produk layanan SOAL dari Kelas Pintar. Untuk mengaksesnya pengguna terlebih dulu harus mendownload aplikasi Kelas Pintar melalui Google Play Store di Android TV, lalu melakukan sign in bagi yang sudah terdaftar atau pilih daftar bagi yang belum.

Selanjutnya, di aplikasi versi Android TV tersebut, para siswa bisa belajar sesuai kelas masing-masing melalui materi video maupun presentasi yang ada di layanan SOAL dari Kelas Pintar. Para siswa juga bisa berlatih soal-soal pilihan ganda yang dilengkapi dengan penjelasan untuk memahami materi dari soal tersebut. Tak cukup sampai disitu, para siswa maupun orang tua juga bisa melihat raport siswa, langsung dari Android TV.

Kolaborasi Kelas Pintar dan Oxygen.id

Selain memperkenalkan cara baru mengakses layanan SOAL melalui Android TV, Kelas Pintar juga mengumumkan kolaborasinya dengan penyedia akses internet cepat Oxygen.id untuk menyediakan Paket Belajar Pintar dengan Internet Lancar. Melalui paket belajar tersebut, para siswa, guru, maupun orangtua bisa menikmati solusi pembelajaran jarak jauh dari Kelas Pintar secara cepat dan lancar tanpa batasan kuota internet (unlimited).

Kolaborasi dua perusahaan tersebut sekaligus bertujuan untuk menjawab kebutuhan stake holder pendidikan akan solusi pembelajaran jarak jauh yang bisa diakses secara mudah, berkualitas, dan terjangkau. Apalagi mengingat pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh diprediksi masih akan terus berlanjut, terutama untuk wilayah yang masih berada di zona kuning, oranye, dan merah. Tentunya, kondisi tersebut membawa tantangan tersendiri bagi orangtua, murid, sekolah dan para guru. Dan kebutuhannya bukan hanya pada konten dan platform pembelajaran saja tapi juga akses internet.

Hal senada disampaikan oleh Mauldi Wirastomo, Head of Product & Solution Dept. Moratelindo. Menurutnya, kolaborasi antara penyedia akses dan konten penting untuk dunia pendidikan Indonesia saat ini maupun di masa yang akan datang. Terlebih kala pandemi Covid-19 memaksa dunia pendidikan tanah air untuk bertransformasi lebih cepat.

“Akses internet dan dunia pendidikan saat ini adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Dan sebagai bentuk dukungan kami terhadap dunia pendidikan, Oxygen.id menyediakan akses internet yang cepat dan lancar. Juga melalui kolaborasi dengan Kelas Pintar, kami membuat akses internet berlangganan menjadi lebih terjangkau dan efisien,” jelas Mauldi.

Dalam kolaborasi ini, Kelas Pintar memberikan paket penawaran spesial untuk seluruh pelanggan Oxygen.id dengan memberikan diskon sebesar 90%.

Untuk paket Kelas Pintar 1 bulan misalnya, dari harga normal Rp 825 ribu/bulan, pelanggan Oxygen.id kini bisa menikmati Paket Kelas Pintar Regular dan Soal hanya dengan Rp 55.000,/bulan (Termasuk PPN 10%). Sedangkan Paket Kelas Pintar 1 Tahun dapat diperoleh siswa hanya dengan harga Rp.550.000,-/tahun. Harga khusus tersebut bisa diperoleh dengan cara mengakses laman http://home.oxygen.id/promo/kelas-pintar.

Foto: Efa, Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *