Kolaborasi Jenius dan BNI TapCash Dukung Gerakan Pembayaran Nontunai di Indonesia

Motode pembayaran non-tunai kini makin populer dan dibutuhkan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, peran pembayaran digital maupun nontunai sangat penting dalam upaya meminimalisir kontak fisik saat bertransaksi.

Satu lagi kabar baik bagi Moms dan Dads maupun masyarakat melek digital (digital savvy) di manapun berada. Hari ini, Kamis (24/09), Jenius – aplikasi perbankan dari Bank BTPN –  berkolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menghadirkan layanan top up BNI TapCash melalui aplikasi Jenius.

Ya, salah satu kelebihan dari kartu uang elektronik yaitu masyarakat tidak perlu membuka rekening tabungan atau mendaftar menjadi nasabah suatu bank untuk mendapatkannya. Masyarakat cukup membeli kartunya dan melakukan isi ulang di channel yang disediakan.

Nah, kini masyarakat digital savvy tak perlu susah payah mengisi saldo BNI TapCash. Moms dan Dads bisa melakukan layanan top up melalui perangkat smartphone Android yang dilengkapi dengan fitur NFC (Near-Field Communication).

Sri Indira, Pemimpin Divisi E-Banking BNI

“Dalam menghadapi pandemi ini, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap menerapkan transaksi non-tunai. Masyarakat tidak perlu khawatir jika saldo TapCash-nya kurang atau habis karena TapCash sudah bisa di top-up melalui aplikasi Jenius. Pengguna hanya perlu membuka Aplikasi Jenius, pilih e-Wallet Center, kemudian pilih Top Up, lalu pilih BNI TapCash. Pastikan smartphone-nya memiliki fitur Near-Field Communication (NFC),” ujar Pemimpin Divisi E-Banking BNI, Sri Indira pada konferensi pers yang diadakan di Jakarta, hari ini.

Baca Juga: Moms, Bingung Atur Keuangan dan Operasional Usaha? Jenius untuk Bisnis Solusinya

Isi ulang saldo TapCash dimulai dari nominal Rp 10.000 hingga Rp1.500.000. “Sesuai ketentuan regulator, batas maksimum saldo uang elektronik berbasis kartu, salah satunya TapCash adalah sebesar Rp 2 juta. Hingga Agustus 2020, jumlah pengguna TapCash terus meningkat hingga 23% dibandingkan Agustus tahun lalu atau sudah tersebar hampir mencapai 8 juta Kartu TapCash di seluruh Indonesia diiringi dengan peningkatan volume transaksi hingga 3% atau hampir mencapai Rp 750 Milyar,” ujar Indira.

Dijelaskan oleh Irwan S. Tisnabudi, Digital Banking Head, Bank BTPN, untuk bisa menggunakan fitur top up TapCash melalui aplikasi Jenius, pengguna harus melakukan update aplikasi Jenius ke versi yang terbaru. Selain kolaborasi tersebut, Irwan juga sekaligus memperkenalkan Kartu BNI TapCash Edisi Jenius dengan desain dan karakter unik khas Jenius.

Irwan S. Tisnabudi, Digital Banking Head, Bank BTPN

Pengguna BNI TapCash Edisi Jenius dapat turut mendukung gerakan pembayaran nontunai dengan menggunakannya dalam setiap aktivitas harian seperti pembayaran transportasi umum Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, Kapal Penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop, mini market, dan masih banyak lagi.

“Jenius percaya dalam menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kolaborasi ini dihadirkan untuk membantu pengguna lebih mudah bertransaksi secara nontunai dengan uang elektronik. Dan , tentu saja sekaligus mendukung gerakan pembayaran nontunai (cashless) yang tengah digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia,” katanya.

Prabowo, selaku founder dari Halte ke Halte

Salah satu komunitas kuliner Jakarta, Dari Halte ke Halte juga merasa sangat terbantu dengan adanya layanan top up BNI TapCash melalui aplikasi Jenius. Prabowo, selaku founder dari Halte ke Halte, bercerita bahwa komunitas ini membagikan rekomendasi dan panduan tempat makan, ngopi, dan tempat menarik lain yang berada di seputar pemberhentian dan transit transportasi umum melalui media sosial.

“Selama menjelajah berbagai sudut kota Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan moda transportasi umum dan berjalan kaki, uang elektronik sangat membantu sekali. Kami dapat melakukan pembayaran di berbagai macam merchant dengan mudah dan cepat. Kini dengan kolaborasi Jenius dan BNI TapCash, HalTeman (sebutan untuk para pengikut akun DHKH) dapat dengan lebih mudah melakukan top up BNI TapCash langsung dari smartphone,” tutupnya.

Foto: Efa, Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *