Benda ini wajib dipakai saat kalian mengendarai roda dua, Kids. Ya, helm, sebagai pelindung kepala, agar jika jatuh, kepala kalian tidak terlalu terluka parah. Tapi, sejak kapan helm mulai digunakan?

Helm sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman Yunani kuno, Kids. Pada saat itu, helm merupakan bagian dari baju zirah atau baju besi yang merupakan perlengkapan perang. Kala itu, helm sangat penting untuk melindungi kepala dari senjata musuh.

Hingga zaman Romawi klasik, abad pertengahan sampai akhir abad 17, helm sebagai perlengkapan pakaian perang pun terus berkembang luas di Eropa bahkan sampai ke Jepang.

Sempat Menghilang

Siapa sangka kalau penggunaan helm ternyata sempat ditinggalkan. Ini dikarenakan semakin pesatnya perkembangan senjata, dimana kecepatan peluru pun semakin tinggi. Dan tahun 1670, penggunaan helm mulai menurun karena dianggap tidak efektif lagi untuk melindungi. Akhirnya, pada abad 18, helm tidak lagi digunakan.

Kembali Digunakan

Namun kemudian, banyak orang yang berpendapat bahwa helm sangat penting penggunaannya sebagai pelindung kepala. Pada era Napoleon, helm kembali digunakan oleh para prajurit. Berkat helm, jumlah korban yang terkena serpihan bom, menjadi menurun.

Tak hanya itu, penggunaan helm pun menjadi lebih luas lagi. Bukan hanya sebagai perlengkapan perang, tapi juga untuk aktivitas lain. Sebut saja, olahraga, pertambangan, naik motor, bersepeda, ataupun aktivitas berisiko lainnya.

Jadi, gunakan helm saat berkendara, bukan karena takut ditilang, ya, Kids! Tapi, demi keselamatan kalian sendiri. (Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *