Jakarta, majalahjustforkids.com – Sambut Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, PT Blue Bird Tbk berkolaborasi dengan Le Minerale menargetkan akan mengurangi sampah plastik sebesar 1,7 ton per tahun melalui inisiatif pengurangan sampah plastik di wilayah kerja Bluebird.

Program ini dilaksanakan melalui pemberian 4.500 botol minum (tumbler) bagi pengemudi Bluebird dari tujuh (7) pool percontohan di wilayah Jadetabek, serta penyediaan fasilitas galon air mineral di pool-pool tersebut.

Program kolaborasi ini merupakan wujud nyata kedua belah pihak dalam mempromosikan gaya hidup yang bertanggung jawab dan berkelanjutan demi mencegah sampah plastik yang tidak terkelola di Indonesia.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2022, tercatat volume sampah di Indonesia mencapai 70 juta ton. Naik 20% lebih dari tahun 2021 yang mencapai 68,5 juta ton.

Bentuk kolaborasi bersama Le Minerale ini merupakan keberlanjutan inisiatif pengelolaan sampah plastik yang telah dilakukan Bluebird sejak November 2022 bersama Mountrash, dimana perusahaan telah membantu pengelolaan botol plastik sekali pakai hingga lebih dari 300 kilogram selama dua bulan terakhir.

Sedangkan untuk Le Minerale, ini adalah bagian dari Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale yang telah digaungkan sejak 2021 lalu.

Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono

Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono menyampaikan bahwa Bluebird telah mengukuhkan komitmennya dalam mendukung terciptanya kehidupan yang berkelanjutan melalui Visi Keberlanjutan Perseroan yang terangkum dalam tiga pilar keberlanjutan Bluebird, yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorp.

“Inisiatif ini merupakan bagian dari pilar BlueSky, yang fokus pada upaya perusahaan untuk menjalankan seluruh operasionalnya secara bertanggung jawab melalui pengembangan layanan transportasi berkelanjutan yang berwawasan lingkungan serta terus berkontribusi dalam perbaikan kualitas hidup dan lingkungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, “Di Bluebird, kami sadar betul akan peran dari puluhan ribu karyawan dan pengemudi sebagai agen perubahan di masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam perbaikan kualitas lingkungan hidup. Melalui kemitraan strategis dengan berbagai pemangku kepentingan yang memiliki visi sama, Bluebird sejak tahun 2014, telah mulai berupaya menurunkan produksi sampah plastik di wilayah Bali. Bluebird Bali telah melakukan program substitusi dan pengelolaan sampah dalam wilayah operasional kami melalui pengurangan pemakaian 1,6 juta botol plastik per tahunnya”.

CM Sampouw, Direktur Operasional Mayora

Bapak CM Sampouw Direktur Operasional Mayora mengatakan, “Kerjasama dengan Bluebird ini merupakan bagian dari kampanye Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale yang merupakan inisiatif keberlanjutan perusahaan dalam mengajak masyarakat untuk beralih ke penggunaan kemasan yang lebih besar sesuai dengan Peraturan Menteri KLHK no 75 tahun 2019 mengenai size up, yang bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah.”

“Tak berhenti sampai disini, galon-galon paska konsumsi dari 7 pool ini pun akan ditarik kembali oleh Le Minerale dan kemudian masuk ke dalam rantai daur ulang,” tambahnya.

“Karena galon Le Minerale berkode segitiga satu, atau dari bahan PET, yang paling mudah didaur ulang dan menjadi primadona di industri daur ulang itu sendiri,” tambahnya lagi.

Selain itu, kolaborasi ini tentunya juga sesuai dengan misi Le Minerale yang mengajak masyarakat untuk memiliki pola hidup sehat, terutama dalam memilih air minum berkualitas.

“Le Minerale dengan kandungan mineral essensialnya, sangat tepat untuk menjaga kebugaran para pengemudi Bluebird yang memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas padat dalam mewujudkan komitmennya menyediakan layanan mobilitas terbaik bagi masyarakat. Semoga kolaborasi ini bukan hanya menjadi inisiatif terhadap lingkungan, namun juga menyehatkan,” ujar Bapak Sampouw.

Sebagai penutup, Bapak Andre menyatakan, “Bluebird sangat antusias untuk berpartisipasi aktif mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan serta mengimplementasikan prinsip ekonomi sirkular. Selain kolaborasi dengan Le Minerale, Bluebird juga telah menjalin inisiatif pengelolaan sampah operasionalnya, bekerjasama dengan aplikasi pengelolaan sampah daring dalam rangka terus mendorong para pengemudinya mewujudkan sikap peduli dan bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan. Hal ini sejalan dengan Visi Keberlanjutan Bluebird untuk mengurangi dampak emisi karbon dan buangan operasional sebanyak 50% pada 2030, yang terus kami upayakan melalui adopsi kendaraan listrik dan armada berbahan bakar CNG, menerapkan sistem 3R (reduce, reuse, recycle) dalam pengelolaan sampah, mengurangi polusi lingkungan terutama udara, serta implementasi instalasi solar panel di kantor pusat Perseroan dalam waktu dekat”.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *