Lima tahun pertama usia anak disebut sebagai masa keemasan (golden age). Tahapan ini sangat perlu diperhatikan oleh orangtua. Sebab, periode usia 0 sampai dengan 5 tahun merupakan masa krusial pertumbuhan dan perkembangan anak. Di masa ini, otak anak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisiknya. Itulah mengapa, masa-masa ini sangat penting.

Ada kabar baik nih Moms! Yayasan Minderoo bersama Universitas Sidney mempersembahkan aplikasi Thrive by Five atau Cilukbalita di Indonesia. Aplikasi yang dikhususkan bagi orangtua dan pengasuh anak-anak berusia 0-5 tahun dan dikemas dalam bahasa lokal dan dengan konten yang disesuaikan ini dapat diakses gratis secara daring dan luring untuk pembelajaran visual dan auditori.

Bantu Anak-anak berkembang

“Kami menghadirkan aplikasi ini untuk membantu anak-anak berkembang langsung melalui dukungan jutaan orangtua dan pengasuh,” ujar Nicola Forrest, Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation, dalam keterangannya. Ia menyatakan, anak-anak membutuhkan pengasuhan yang menyenangkan sejak awal usia untuk mendukung perkembangan otak dan potensi masa depan mereka.

Masih menurut Forrest, program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orangtua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak, untuk membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya.

Aplikasi Thrive by Five ‘Cilukbalita’ dibuat sederhana meskipun mengkombinasikan ilmu pengetahuan terkini dengan praktik-praktik pengasuhan lokal. Dengan sentuhan personal, konten dibuat khusus untuk Anda dan anak Anda.

“Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa momen-momen kecil dari koneksi dan interaksi, frekuensi pengulangan dan dapat membuat perbedaan yang signifikan,” terang Forrest. Dengan aplikasi ini, kata Forrest, orangtua dan pengasuh bersama anak dapat membuat rencana kegiatan berdasarkan topik-topik lokal yang menarik seperti mengelola emosi, menjaga keamanan, dan membangun rutinitas dan lainnya.

Cilukbalita dapat digunakan oleh semua orangtua dan pengasuh yang menginginkan yang terbaik untuk anak sejak dini. Konten dan aplikasi Thrive by Five telah dikembangkan oleh Minderoo Foundation, bekerja sama dengan Brain and Mind Center, University of Sydney dan BBE, dan didasarkan pada analisis antropologis mendalam tentang pengasuhan dan norma masyarakat, peran gender dan peran pengasuhan, sebagai serta faktor agama, budaya dan lingkungan masing-masing negara target, dikawinkan dengan landasan ilmiah seputar otak sosial dan kognitif, kesehatan fisik, komunikasi/bahasa serta identitas dan budaya. Hasilnya adalah kumpulan tips tindakan yang relevan dengan konteks nasional dan budaya masing-masing negara.

Untuk memastikan aksesibilitas maksimum, konten tersedia di perangkat berteknologi rendah, perangkat yang sudah tua, dan melalui berbagai saluran termasuk SMS, radio, televisi, dan media cetak dan digital.

Program ini awalnya akan diluncurkan di Indonesia, kemudian diikuti oleh Afghanistan dan Namibia. Pada tahun 2024, program ini akan diluncurkan di 30 negara di seluruh dunia, yang mencakup lima benua.

Ketua dan Pendiri Yayasan Minderoo, Dr Andrew Forrest AO, mengatakan bahwa Yayasan Sedang mencari cara untuk mencapai perubahan paradigma global bagi anak-anak di seluruh dunia.

“Setiap anak, di mana pun mereka tinggal, memiliki hak untuk memulai hidup sebaik mungkin. Program Thrive by Five akan menginformasikan dan memberdayakan orangtua dan pengasuh untuk membantu anak-anak mereka mencapai potensi terbesar mereka, dari negara-negara yang dilanda perang seperti Afghanistan hingga komunitas paling terpencil di Kenya,” tutur Dr. Andrew.

Profesor Ian Hickie dari Brain and Mind Center, University of Sydney mengatakan “Program ini adalah yang pertama di dunia. Ini secara unik menggabungkan wawasan baru dari ilmu perkembangan otak di usia dini dengan penerapan pengetahuan budaya khusus setempat. Itu tantangan nyata tetapi juga keindahan proyek.”

B.B.E. adalah mitra teknologi Minderoo Foundation untuk proyek tersebut. Managing Director B.B.E Adam Beaupeurt, mengatakan “Sangat menyenangkan dan bermanfaat memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari proyek global yang begitu penting.”

Eratkan Hubungan Orangtua – Anak

Banyak orangtua dan pengasuh yang merasa sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi Thrive by Five “Cilukbalita”, salah satunya adalah Ririn Handayani, ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai pengusaha.

“Saya banyak sekali mendengar informasi tentang perkembangan anak usia dini sebelum menggunakan aplikasi Cilukbalita. Sayangnya informasi yang saya dapat sangat beragam dan membuat saya bingung dalam melakukan kegiatan bersama anak-anak saya,” ujar Ririn.

Namun, ungkap Ririn, setelah menggunakan aplikasi Cilukbalita interaksi dia dan putranya, Zein, makin berkualitas dan kian erat. Pun, Zein dengan anak-anak di sekitarnya.

“Informasi dari aplikasi Cilukbalita ini yang sangat berguna adalah khususnya tentang kegiatan bermain, dimana memang kegiatan bermain ini sudah ada team research-nya yang melakukan sesuai tahapan perkembangan anak tersebut,” ucap dia.

“Pengaruh aplikasi Cilukbalita terhadap saya dan Zain interaksinya semakin erat, dan juga Zain bersama saudara- saudaranya. Mereka sering bermain bersama dengan aplikasi ini,” tutup Ririn.

Foto: Ist

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *