Hadir dengan Wajah Baru, Aplikasi Hidup Sehat MUFIT Siap Wujudkan Indonesia Lebih Fit

Perusahaan di bidang wellness berbasis aplikasi, MUFIT, hari ini memperkenalkan wajah baru di dalam aplikasinya. Aplikasi panduan hidup sehat karya anak bangsa yang diprakarsai oleh Ellen Sim dan Rinaldi Setiono yang berlatar belakang pelaku bisnis sekaligus pelatih olahraga ini, semakin menunjukkan komitmen-nya untuk membantu masyarakat Indonesia dalam menjalankan gaya hidup sehat.

Seperti yang Moms dan Dads tahu, pandemi Covid-19 mengubah banyak hal, termasuk perilaku masyarakat. Tak hanya membuat masyarakat lebih sadar pentingnya hidup sehat dan bersih, anjuran jaga jarak (sosial distancing) membuat banyak orang melakukan karantina di rumah. Nah, yang tadinya biasa berolahraga ke-gym, terpaksa harus menunda aktivitasnya akibat banyaknya gerai gym yang terpaksa ditutup selama pandemi.

Penolong di Tengah Pandemi

Di sinilah keberadaan aplikasi hidup sehat semacam MUFIT sangat dibutuhkan dan menjadi solusi. Meskipun tak bisa sebebas dulu, pandemi semestinya tak menghalangi kita untuk terus berolahraga. “Menjalankan hidup sehat itu gampang. Yang susah adalah memulainya. Tak hanya masyarakat awam, banyak juga teman-teman praktisi hidup sehat yang masih menemui kendala untuk kosisten. Misalnya dalam hal motivasi, waktu yang terbatas karena kesibukan kerja, malas ke tempat olahraga atau gym, macet di jalan, ditambah lagi kondisi pandemi seperti sekarang, yang tidak memungkinkan untuk berkumpul berolahraga,” ucap  Ellen Sim, Founder and CEO MUFIT pada acara konferensi pers virtual hari ini.

(kiri-kanan) Aldis Rusli, Ellen Sim dan Rinaldi Setiono

Nah, MUFIT yang hadir sejak tahun 2019, adalah sebuah platform digital yang menghubungkan antara pelanggan dengan personal trainer untuk dapat melakukan olahraga tanpa mengalami kendala di waktu atau berpindah tempat. “Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa tak ada alasan lagi untuk tidak hidup sehat. Sekarang hidup sehat bisa lewat genggaman tangan,” katanya.

Ya, lewat aplikasi MUFIT yang diunduh di smartphone Moms dan Dads, tak perlu khawatir lagi untuk berolahraga. Pengguna bisa langsung ‘memesan’olahraga favorit dengan instruktur pilihan lewat gadget.

Dengan visi menjadi solusi gaya hidup sehat untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih fit, MUFIT menjawab melalui upaya-upaya sebagai berikut:

  1. Menciptakan layanan dan produk yg siap guna dengan kultur masyarakat (kearifan lokal)
  2. Mengedukasi gaya hidup sehat dalam setiap kesempatan
  3. Menciptakan kolaborasi dan lapangan kerja dengan praktisi-praktisi di bidang gaya hidup sehat
  4. Bekerja sama dengan pemerintah dan instansi dalam upaya meningkatkan kesadaran hidup sehat di masyarakat

Wajah Baru MUFIT

Seiring dengan perjalanan misinya, MUFIT banyak dipercaya oleh perusahaan perusahaan dalam pengelolaan kesehatan karyawan mereka. Sehingga manfaat aplikasi MUFIT dapat dirasakan dari segi individu maupun kelompok. Hingga kini, dituturkan oleh Rinaldi Setiono, Co-Founder and CRO MUFIT, jumlah member (anggota) perorangan di MUFIT sudah mencapai puluhan ribu orang. “Kalau untuk korporasi atau perusahaan, ada lebih dari 20 perusahaan yang kita kelola dengan program wellness kita,” ujarnya.

Bagi Rinaldi, atau Didik demikian ia disapa, wellness yang disasar oleh MUFIT mencapai 4 hal, yaitu olahraga, pola makan yang sehat, pola tidur yang baik, dan mental yang sehat atau pikiran positif (positive mindset).

Hal-hal inilah yang kemudian mendasari MUFIT untuk mengembangkan wajah baru-nya. Di dalam wajah barunya ini, MUFIT menonjolkan fitur-fitur yang mudah digunakan sebagai pendukung terciptanya gaya hidup sehat masyarakat sehari-hari. Terlihat dari fitur MUTRAIN untuk membantu masyarakat berolahraga dengan menyediakan instruktur sesuai kebutuhan dan kelas olahraga online yang bisa diikuti.

Peresmian peluncuran wajah baru MUFIT secara virtual

Pengguna bisa memilih kelas olahraga yang tersedia, juga bisa langsung memilih olahraga dengan dilatih instruktur atau personel trainer pilihan. Dengan begitu, pelanggan bisa dipantau langsung oleh ahlinya dan mencegah terjadinya gerakan yang salah dan menimbulkan cedera otot. Selain itu, tempatnya bisa di mana saja dan waktunya juga disesuaikan, sangat fleksibel dan praktis.

Ada banyak jenis kelas olahraga yang bisa dipilih di aplikasi MUFIT, seperti yoga, zumba, ultimate combat, bootcamp atau pilates. Kelas olahraga online diadakan setiap hari, tinggal pilih sesuai kebutuhan. Dan kelebihannya, tak ada syarat usia untuk bisa melakukan kelas olahraga online, siapapun bisa melakukannya, mulai dari anak remaja hingga dewasa atau lanjut usia.

“Yang berbeda hanya pada intensitas gerakannya. Gerakan olahraga untuk anak-anak, remaja, dewasa atau orang lanjut usia pasti berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi fisik mereka,” ungkap Didik.

Teman Panduan Hidup Sehat

Nah, selain MUTRAIN, ada satu lagi fitur paling teranyar yakni MUHEALTH. Di fitur ini, terdapat panduan-panduan kemudahan untuk membantu masyarakat memantau perubahan berat badan dan komposisi tubuhnya, menghitung kandungan kalori dari makanan yang dikonsumsi, mendapatkan tuntunan berolahraga, dan mengatur pola tidur untuk mendapat kualitas istirahat yang baik.

Didik menambahkan, aplikasi MUFIT mengadaptasi kultur Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari konten-nya yang Indonesia banget, termasuk jenis atau pilihan makanan yang dikonsumsi. Jadi, di aplikasi MUHEALTH, Moms bisa tahu, nih, berapa jumlah kandungan kalori makanan atau minuman yang Moms asup hari itu. Misalnya, pagi sarapan bubur. Siang makan 1 porsi nasi padang dengan lauk pauk-nya, malam makan nasi goreng, dan sebagainya. Dengan begitu, Moms memiliki gambaran apakah asupan Moms hari itu berlebih atau tidak. Tuh, sangat membantu, ya?

Beberapa member MUFIT turut hadir dalam konferensi pers virtual, terdiri dari berbagai latar belakang seperti pekerja milenial (millenial worker), ibu rumah tangga, mahasiswa, dan sebagainya

Dikatakan oleh Aldis Rusli, Head of Product Development and Nutrition Expert MUFIT, fitur MUHEALH sangat membantu masyarakat memantau perkembangan olahraga-nya, maupun perilaku makan dan tidur. “Yang menjadi tantangan dalam mengedukasi masyarakat untuk menjalankan gaya hidup sehat adalah faktor kebiasaan. Biasanya, masyarakat itu umumnya ‘menyempatkan’, jadi olahraga kalau sempat, istirahat kalau sempat, dan sebagainya. Padahal yang benar adalah bukan menyempatkan, tapi ‘meng-agendakan’, jadi benar-benar  diupayakan, dijadwalkan, diusahakan secara konsisten dan penuh komitmen,” anjurnya.

Melalui fitur terbaru MUHEALTH ini, Ellen berharap MUFIT tak hanya berdampak positif dari segi aspek kesehatan, melainkan juga aspek sosial psikologis seperti kepercayaan diri dan produktivitas. “Olahraga merupakan cara yang ampuh dalam membangun kepercayaan diri, bukan hanya dilihat dari penurunan berat badan, tetapi dari pembuktian dan perasaan berhasil mencapai target yang kita buat untuk diri kita sendiri,”  ujar Ellen.

Aplikasi MUFIT sendiri bisa diunduh secara gratis di aplikasi telepon pintar berbasis Android maupun App Store. Khusus untuk MUHEALTH, pengguna bisa mengaksesnya pada tanggal 17 Agustus 2020 mendatang, tepat pada perayaan hari kemerdekaan RI ke-75 dan bertepatan pula dengan hari jadi MUFIT yang pertama. Selain mendapat manfaat fitur gaya hidup sehat, pengguna aplikasi MUFIT juga bisa mendapatkan keuntungan berupa penawaran menarik seperti diskon dan promo produk dari brand mitra MUFIT.

“Kami ingin menjadikan MUFIT sebagai teman panduan gaya hidup sehat bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, diharapkan peran dan kontribusi MUFIT melalui fitur aplikasi terbaru ini dapat membantu menyehatkan masyarakat dan membantu mewujudkan Indonesia yang lebih fit dan lebih baik lagi,” tutup Ellen.

Foto: dok. MUFIT, Capture: Efa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *