Sedih ya Kids, ketika melihat rumah teman-teman kita yang dindingnya belum permanen, atapnya bocor, tidak ada kamar mandi, tidak ada ventilasi, dan lain-lain. Nah, lewat perlombaan lari ini, kalian bisa membantu mereka memiliki rumah yang layak huni, lho!

Habitat Charity Run adalah kegiatan yang mengajak keluarga dan generasi muda lari bersama sebagai bentuk dukungan pembangunan rumah yang lebih layak untuk ribuan keluarga di Indonesia. Nah, setiap satu kilometer yang dicapai oleh peserta, akan memberikan nilai donasi sebesar Rp 20.000,-. Donasi ini akan digunakan untuk membangun rumah layak huni di Mauk – Tangerang pada 28 Oktober mendatang dalam kegiatan 28 build (to build) peringati Hari Sumpah Pemuda dengan semangat “Aku Bangun Indonesia.

Berlari sembari beramal ini merupakan bentuk inisiatif dari HFH untuk mengajak masyarakat bersama-sama mengurangi permasalahan perumahan. Data Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015 mencatat bahwa terdapat 7,6 juta pengerjaan tertunda perumahan di Indonesia berdasarkan perspektif penghunian. Fakta ini dapat memiliki dampak terhadap penanaman nilai kekeluargaan yang esensinya dilakukan di rumah. Hampir 20 persen dari total 64,1 juta keluarga di Indonesia, tinggal di rumah tak layak huni dengan generasi rentan terhadap stunting.

“Tinggal di rumah tak layak huni, berakibat pada kondisi kesehatan keluarga, termasuk anak rentan alami stunting. Salah satu wilayah layanan Habitat yakni di Mauk – Tangerang, anak-anaknya banyak alami stunting karena tinggal di rumah yang tidak layak huni. 3 dari 10 anak Indonesia alami stunting (malnutrisi) karena sanitasi buruk. Oleh karena itu, Habitat mengajak keluarga dan individu di Indonesia untuk membantu menyediakan rumah layak huni dengan cara berlari bersama,” jelas Bapak Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia.

Partisipasi masyarakat pada kegiatan amal ini tidak hanya untuk mendukung pembangunan rumah layak huni saja, namun juga mengurangi masalah kesehatan yang bisa mengakibatkan masalah stunting pada anak.

“Sangat senang saya bisa terlibat membangun Indonesia bersama Habitat for Humanity selama lebih dari dua tahun ini. Saya pribadi percaya bahwa segala sesuatu berawal dari rumah, dari keluarga. Berkegiatan bersama keluarga atau orang yang dicintai adalah momen paling membahagiakan. Saya berharap momen bahagia bersama keluarga juga bisa dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan. Oleh karenanya, mari bersama-sama mendukung mereka dengan menjadi bagian dalam menyediakan rumah yang layak huni melalui Habitat Charity Run. Mari kita sumbangkan tenaga, waktu, dan upaya kita dengan lari bersama,” ajak Kak Daniel Mananta, Goodwill Ambassador Habitat for Humanity Indonesia.

Sependapat dengan Kak Daniel, Kak Olivia Jensen sebagai Icon dari Habitat for Humanity Indonesia menyampaikan bahwa Habitat Charity Run ini selain mendorong pola hidup sehat dan tingkatkan kebahagiaan, juga dapat mengajarkan kepada anak-anak sebagai generasi bangsa untuk berempati kepada orang-orang yang memerlukan. Dengan Berlari kita Berbagi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, menurut Kak Chia Harijanto, perwakilan dari Indorunners, momen berlari bersama keluarga miliki double stimulant tingkatkan kebahagiaan. Pertama karena beraktivitas bersama orang-orang yang dicintai. Kedua karena lari merupakan olahraga yang paling efektif dorong produksi hormon endorphin yang berfungsi sebagai penenang sehingga manusia tidak mudah stres. Selain itu, menurut studi dari Universitas Arkansas, dengan berlari bisa tingkatkan rasa percaya diri.

Habitat Charity Run akan diadakan di Kebun Binatang Ragunan pada 25 Agustus 2019. Pemilihan lokasi di Kebun Binatang Ragunan adalah supaya keluarga bisa menikmati momen bersama dengan lebih gembira dan aman. Masyarakat dapat menikmati berbagai kegiatan yang dilakukan bersama keluarga, seperti zumba dance untuk para perempuan, kids corner yang didukung Supertots pertama kali di Indonesia, food bazaar, serta lari dengan pilihan jarak 5 KM dan 10 KM.

“Kami percaya bahwa setiap keluarga berhak menikmati momen bahagia dengan berkegiatan bersama. Jadi, mari kita bersama-sama juga bantu keluarga yang memerlukan untuk menikmati momen bahagia bersama dengan rumah layak huni dan sehat sehingga mengurangi stunting pada generasi mendatang. Ayo Bangun Indonesia!” tutur Bapak Susanto.

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *