Kalau pelangi di langit, sudah biasa, Kids. Tapi, kalau gunung berwarna-warni seperti pelangi, bagaimana, ya?

Di daerah Zhangye Danxia Landform Geological Park, provinsi Gansu, China, ada gunung yang tampak seperti pelangi. Namanya, “Rainbow Mountain”. Gunung seluas 300 kilometer ini terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, cokelat, dan kuning.

 
Tanah Tandus
Meskipun terlihat indah, tapi, di gunung ini tidak ditemukan tumbuhan atau hewan. Karena kondisi tanahnya sangat tandus. Menurut peneliti, warna-warni perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, atau sekitar 24 juta tahun silam.

 
Warna-warni
Gunung ini akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi cuaca dan pencahayaan dari matahari. Warna-warni gunung ini akan semakin kontras jika hujan turun sehari sebelumnya. Fenomena alam yang menakjubkan ini merupakan contoh geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan.

 
Warisan Dunia
Rainbow Mountain sudah terdaftar menjadi salah satu situs warisan dunia di UNESCO sejak tahun 2010. Untuk dapat menikmati keindahan gunung pelangi ini, pengunjung dapat menaiki tangga dan menyusuri jalan setapak di bukit yang disediakan khusus untuk wisatawan.

 

Teks: JFK    Foto : Ist

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *