Kata sebagian ilmuwan, seandainya Bumi sudah tak layak lagi untuk dihuni manusia, planet Mars bisa jadi planet pengganti. Ternyata belakangan, nggak hanya Mars saja yang bisa ditinggali manusia. Ada satu planet lagi yang ciri-cirinya hampir mirip dengan Bumi.

Dua Kali Lipat Bumi

Nama planet ini adalah Gliese 581d. Agak susah ya namanya? Ukuran Gliese 581d hampir dua kali lipatnya Bumi. Diperkirakan suhu di permukaannya cukup dingin, tak jauh berbeda dengan Bumi. Sehingga kata Andrew Rushby, seorang ilmuwan dari University of East Anglia, Inggris, planet ini cocok untuk dihuni manusia.

Mirip Bumi

Oh iya, para ilmuwan juga memperkirakan usia Gliese 581d bisa bertahan hingga 55 miliar tahun. Sehingga, kemungkinan bisa menjadi planet yang aman bagi manusia dan makhluk hidup lainnya dari Bumi. Sebenarnya, planet ini ditemukan pertama kali pada tahun 2007. Barulah akhir-akhir ini, banyak ilmuwan yang tertarik untuk meneliti Gliese 581d karena memiliki kemiripan dengan Bumi.

Berjarak 20 Tahun Cahaya dari Bumi

Tapi sayangnya, dengan teknologi yang dipunya manusia sekarang ini, butuh waktu ratusan ribu tahun perjalanan yang ditempuh dari Bumi menuju Gliese 581d. Soalnya, jarak dari Bumi dan Gliese 581d sekitar 20 tahun cahaya. Wow, jauh ya, Kids?

Jika dilihat dari kejauhan melalui teropong, Gliese 581d berwarna hijau kebiru-biruan, mirip sekali dengan Bumi. Bisa jadi akan ada banyak air dan daratan yang subur seperti Bumi. Tapi, kira-kira sudah ada makhluk luar angkasa alias alien di planet ini nggak, ya? Hihihi…

 

Teks: JFK      Foto: Istimewa   

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *