Awas, ritsleting celana kamu masih terbuka! Hihihi.. Kalau ritsleting belum tertutup sempurna di depan umum, pasti malu ya, Kids? Berkat adanya ritsleting, pemakaian baju dan jaket jadi lebih mudah, kan?

Kita harus berterimakasih pada Gideon Sunback yang telah menemukan ritsleting. Pria kelahiran 24 April 1880 ini merupakan anak dari seorang petani kaya, Jonas Otto Magnusson Sundback dan Ibu, Kristina Karolina Klasdotter. Setelah menyelesaikan pendidikan di Swedia, Sundback pindah ke Jerman untuk belajar politeknik.

Insinyur dari Jerman

Setelah meraih gelar Insinyur, pada tahun 1905 Sundback pindah ke Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam ini, Sundback bekerja di Westinghouse Electric  and Manufacturing Company di daerah Pittsburgh, Pennsylvania.

Setahun kemudian, Sundback pindah kerja di Universal Fastener Company, New Jersey. Tahun 1909, Sundback menikahi Elvira Aronson, putri dari manajer pabrik tempatnya bekerja.

Sundback bukanlah orang yang pertama kali mencetus penggunaan ritsleting. Namun, Sunback mengembangkan logam ritsleting modern, seperti yang kita gunakan sekarang ini. Ritsleting buatan Sundback mulai populer pada tahun 1923. Saat perang dunia kedua, para tentara sudah serentak menggunakan ritsleting di pakaiannya. (JFK/Nov)

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *