Langit siang  berubah gelap selama beberapa menit. Kala itu, bulan melintas di depan matahari dan menyebabkan gerhana. Mau tahu seluk-beluk gerhana matahari? Simak sama-sama, yuk!

Matahari Tertutup Bulan
Gerhana matahari terjadi ketika bulan melintas langsung di antara matahari dan bumi, sehingga posisi ketiganya sejajar. Dalam beberapa waktu, cahaya matahari ke bumi terhalang oleh bayangan bulan. Peristiwa ini hanya bisa terjadi pada fase bulan baru, ketika sisi gelap bulan menghadap ke bumi.

Jangan Melihat Langsung
Gerhana sebenarnya dapat dilihat langsung dengan mata telanjang, tapi dalam waktu beberapa detik saja dan jika matahari benar-benar tertutup oleh bulan. Melihat secercah sinar matahari secara langsung setiap hari atau ketika gerhana, sama berbahayanya. Kalau kamu menatap matahari langsung dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan kerusakan mata bahkan kebutaan, Kids. Oleh karena itu, kalian harus hati-hati, ya.

Lokasi Berbeda
Menurut NASA, sebenarnya gerhana bisa terjadi 5 kali dalam setahun, tapi hal ini sangat langka. Dan, setiap gerhana dapat dilihat dari lokasi yang berbeda-beda.

 

Teks : JFK      Foto : Ist

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *