Orangtua mana sih yang nggak suka bila anaknya berprestasi? Moms dan Dads juga pasti bangga kalau si kecil kaya akan prestasi, baik akademis maupun hal lainnya. Namun, bagaimana bila prestasi akademik anak tidak terlalu menonjol, apakah itu akan menjadi jaminan bahwa anak bakal tidak sukses di kemudian hari?

Tentu tidak! Setiap anak berbeda, setiap anak memiliki potensi masing-masing. Mengukur kesuksesan di masa depan hanya dengan nilai akademis semata, sangat keliru. Salah satu tolak ukur keberhasilan anak-anak di masa depan adalah menumbuhkan kekuatan dari dalam yaitu kekuatan yang bukan hanya secara fisik atau akademis saja namun juga kuat secara mental yang tercermin dari kekuatan karakter, seperti berani, percaya diri, baik hati dan tangguh. Karakter inilah yang dapat membentuk kekuatan dan potensi anak yang sesungguhnya. Kekuatan tersebut terbentuk di masa pertumbuhannya dan para orangtua dan pendidik memiliki peran penting dalam masa-masa tersebut.

Memahami hal tersebut, Biskuat, sebagai salah satu brand unggulan dari Mondelez Indonesia, mempersembahkan Gerakan Inisiatif Biskuat #GenerasiTiger karena Biskuat percaya bahwa setiap anak memiliki potensi tak terbatas di luar apa yang terlihat. Gerakan ini dimaksudkan untuk mendorong orangtua memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan kekuatan anak dari dalam.

(kiri – kanan) Kak Seto, Mona Ratuliu dan Maggie Effendy dalam acara peluncuran gerakan inisiatif Biskuat #GenerasiTiger oleh Mondelez Indonesia di Jakarta, Senin (27/09) secara virtual

“Melalui Gerakan Inisiatif Biskuat #GenerasiTiger, Biskuat mengajak para orangtua, guru, pemerintah, serta masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menciptakan Generasi Tiger Indonesia yang tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik, nilai akademis, perolehan medali dalam kompetisi tetapi juga kekuatan dari dalam anak yang sesungguhnya”, jelas Maggie Effendy selaku Head of Marketing Mondelez Indonesia.

Hal senada ditegaskan oleh Kak Seto selaku Brand Ambassador Biskuat #GenerasiTiger, Psikolog Anak, serta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI). Orangtua, katanya, memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan setiap anak. “Setiap anak memiliki kekuatan dari dalam serta potensi yang tak terbatas di luar apa yang terlihat. Agar dapat mengeluarkan kekuatan dari dalam dan potensi tersebut, anak-anak membutuhkan dukungan dari orang tuanya sehingga menjadi lebih optimal dan berguna bagi perkembangan anak-anak di masa depan,” terangnya.

Memiliki anak berprestasi memang sangat membanggakan. Hal ini tak dibantah oleh Mona Ratuliu, Mom Influencer. Namun sebagai ibu, ia percaya bahwa prestasi akademis bukanlah prioritas utama dan satu-satunya.  “Selain dari prestasi, yang terpenting dalam masa pertumbuhan anak adalah menanamkan karakter, seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh. Penanaman karakter ini akan mendukung keberhasilan anak-anak karena ke depannya mereka dapat menggali kekuatan dari dalam untuk mengembangkan potensi diri masing-masing,” jelasnya.

Lebih lanjut lagi, Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA. selaku Salah satu Ketua Pengurus Besar PGRI dan Ketua PGRI Smart Learning and Character Center menjelaskan, kekuatan dari dalam telah diimplementasikan dengan baik di sekolah-sekolah di Indonesia. “Melalui Pendidikan Karakter yang dilakukan dalam ruang lingkup sekolah, para guru senantiasa mendorong anak didiknya untuk menjadi pribadi yang berkarakter. Hal ini diimplementasikan oleh para guru saat berinteraksi dengan anak didik sehingga mereka dapat terus menggali kekuatan dari dalam,” katanya.

Setuju dengan pernyataan tersebut, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd. , Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengungkapkan bahwa peserta didik harus memiliki kekuatan dari dalam yang tercermin dari pribadi yang cerdas dan berkarakter, dimana cerdas dan berkarakter merupakan ciri dari pelajar Pancasila.

Nah, sebagai wujud nyata untuk mendorong terciptanya Generasi Tiger Indonesia, Biskuat menghadirkan Komitmen Bersama Biskuat #GenerasiTiger yang dapat ditandatangani oleh para orangtua di Indonesia. Komitmen ini bertujuan untuk mengajak para orang tua bersama-sama memberikan dukungan serta menggali potensi anak lebih dalam sehingga setiap anak dapat memiliki kekuatan dan potensi yang sesungguhnya yang penting untuk perkembangan dan masa depannya.

Berlangsung dari tanggal 21 September 2021 hingga 13 November 2021, komitmen ini dapat diakses melalui www.generasitiger.com, lalu mengisi data diri di kolom yang tersedia, serta klik DUKUNG SEKARANG!.

Maggie mengungkapkan, gerakan inisiatif Biskuat #GenerasiTiger merupakan hasil kolaborasi dengan  Publicis Groupe Indonesia – Leo Burnett and SPARK Foundry. “Kami harapkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, khususnya para orangtua. Kami juga ingin mengajak para orangtua, guru, pemerintah, serta masyarakat Indonesia untuk menjadi bagian dari perubahan dalam mendukung dan menemukan potensi anak yang sesungguhnya, serta bersama-sama menciptakan Generasi Tiger Indonesia yang tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik, nilai akademis, perolehan medali dalam kompetisi tetapi juga kekuatan dari dalam yang sesungguhnya,” tutupnya.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *