Anak yang suka tunjuk tangan di kelas untuk menjawab pertanyaan guru, pastilah anak yang cerdas dan berani. Ya, bisa dibilang tunjuk tangan merupakan simbol untuk maju. Dan semua pasti setuju kalau anak merupakan pemimpin di masa depan.

PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) lewat brand SGM Eksplor pun sangat setuju. Sarihusada yang selalu peduli terhadap nutrisi dan pendidikan anak Indonesia juga setuju bahwa sebagai aset kemajuan bangsa, setiap anak Indonesia berhak untuk merasakan kemerdekaan terutama dalam memperoleh akses kemajuan demi masa depan yang lebih baik.

Berdasarkan komitmen tersebut, SGM Eksplor berinisiatif untuk meluncurkan gerakan sosial “#AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia” guna mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan bagi seluruh anak Indonesia agar mencapai potensi maksimalnya untuk jadi anak #GenerasiMaju.

Membuka gerakan #AyoTunjukTangan, Ibu Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia mengatakan bahwa anak sebagai aset bangsa harus memperoleh nutrisi dan pendidikan agar tumbuh jadi generasi maju. “Namun hal itu masih merupakan tantangan besar ditambah lagi dampak pandemi saat ini yang sangat berpengaruh pada ekonomi, kesehatan, akses nutrisi, dan juga pendidikan. Lebih dari 65 tahun Sarihusada selalu mendukung tumbuh kembang maksimal anak Indonesia lewat produk bernutrisi dan keberlanjutan lainnya. Berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk terus menjamin akses nutrisi dan pendidikan anak Indonesia. Tidak boleh ada anak Indonesia yang tertinggal khususnya akses nutrisi dan pendidikannya. Mari kita berpartisipasi mendukung akses nutrisi dan pendidikan anak Indonesia. Maksimalkan potensi mereka untuk jadi generasi maju yang lebih baik lagi,” tandas Ibu Vera.

Senada dengan Ibu Vera, Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, “Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor tidak hanya menghadirkan dan mengembangkan produk bernutrisi bagi anak-anak Indonesia, namun juga berupaya untuk meluncurkan berbagai inisiatif dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Dalam semangat memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” 17 Agustus 2021, SGM Eksplor mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong-royong dalam upaya mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan anak-anak Indonesia dalam gerakan sosial “#AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia” guna mendorong terciptanya generasi maju yang dapat membawa Indonesia menjadi lebih maju kedepannya.”

Tantangan 9 dari 10 Anak

Pemerhati dan sahabat anak Indonesia serta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi yang akrab dipanggil Kak Seto, mengatakan, data dari UNICEF (organisasi dunia yang memberikan bantuan dan dukungan untuk anak-anak) bahwa ada 9 dari 10 anak yang menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan. “Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, dapat menjadi momentum yang tepat untuk menggugah terwujudnya kepedulian serta jaminan kemerdekaan terhadap hak-hak anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Di antara hak-hak anak, ada Hak untuk Hidup, Hak Tumbuh Kembang, Hak Perlindungan, dan Hak Berpartisipasi. Tahun 2030 Indonesia layak untuk anak dan mencapai Indonesia emas di tahun 2045.  Anak-anak sebagai bibit unggul akan elok jika ditanam di tanah yang subur sehingga perlu semua pihak bergandeng tangan dan tunjuk tangan semua, ya saya peduli untuk perlindungan dan pendidikan anak Indonesia,” tandas Kak Seto.

Berbagai Inisiatif SGM Eksplor

SGM Eksplor meyakini bahwa pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan harus dilakukan secara beriringan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak agar siap tumbuh menjadi generasi maju. Dalam upaya pemenuhan akses nutrisi, SGM Eksplor telah menghadirkan inovasi produk susu pertumbuhan di awal tahun 2021 yang mampu mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak berusia di atas 1 tahun dengan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, DHA, Omega 3&6, serta nutrisi penting lainnya. Sedangkan dalam akses pendidikan, SGM Eksplor juga telah melakukan berbagai inisiatif bantuan pendidikan melalui program Rumah Belajar Generasi Maju, Kelas Generasi Maju, dan Edukasi Gizi Seimbang Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun, sebagai upaya kolaborasi bersama dengan berbagai pihak untuk memberikan dukungan akses pendidikan bagi anak-anak Indonesia di berbagai daerah.

Dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan, setiap partisipasi dari berbagai pihak akan didonasikan dalam bentuk paket nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, paket  beasiswa pendidikan online, dan juga perbaikan fasilitas belajar bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan, di mana donasi tersebut akan diberikan oleh SGM Eksplor dan partner. “Masyarakat bisa secara mudah berpartisipasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan dengan mengunjungi website http://www.generasimaju.co.id/ayotunjuktangan  dan langsung pilih jenis donasi yang ingin didukung,” jelas Ibu Astrid.

Turut mendukung dan berpartisipasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan, Aktor dan Aktivis Sosial, Reza Rahadian, mengaku termotivasi setelah dirinya secara langsung mengunjungi sekolah-sekolah di pedalaman. “Secara infrastruktur dan nutrisi masih sangat kurang. Namun semangat mereka untuk memperoleh pendidikan sangat tinggi,” ungkapnya. “Kesuksesan anak-anak Indonesia, bukan hanya di tangan para orangtua mereka, tapi juga di tangan kita generasi muda. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama untuk turut berperan aktif dalam membuka kesempatan untuk anak-anak Indonesia agar bisa berprestasi dan mencapai impian mereka. Kita bisa mulai aksi dukungan kita melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan dimana setiap partisipasi kita akan disalurkan langsung untuk pemenuhan akses nutrisi dan edukasi anak-anak Indonesia demi kemajuan masa depan mereka,” ajak Kak Reza.

Sebagai seorang Ibu, aktris Alyssa Soebandono, percaya bahwa gerakan sosial #AyoTunjukTangan, yang merupakan dukungan kolektif dari seluruh masyarakat Indonesia, dapat membantu para Ibu lainnya dalam memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak mereka. “Oleh karena itu, mari bersama-sama berpartisipasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan demi mempersiapkan SDM unggul untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” ajak Ibu dua anak yang akrab disapa Mom Icha.

Telkomsel dan CAKAP

Dalam gerakan sosial ini, SGM Eksplor juga berkolaborasi dengan salah satu perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yakni Telkomsel yang berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDM dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas unggul.

Berkolaborasi juga dengan CAKAP yang merupakan platform pembelajaran online dengan interaksi dua arah yang mempertemukan murid dengan pengajar profesional melalui video call serta percakapan teks yang memiliki sistem penjadwalan fleksibel, serta beberapa perusahaan retail dan e-commerce.

Kolaborasi tersebut dilakukan melalui rangkaian inisiatif untuk menyediakan akses nutrisi dan pendidikan terhadap anak Indonesia, seperti  menyediakan paket donasi nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, donasi paket beasiswa pendidikan online, renovasi infrastruktur sarana pendidikan, dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini.

“Kami percaya, kebutuhan nutrisi dan pendidikan saling berkaitan untuk tumbuh kembang maksimal anak, sehingga mereka nantinya ikut berkontribusi dalam menentukan kemajuan masa depan Indonesia. Semoga kontribusi ini mendukung pertumbuhan anak generasi maju dengan memastikan akses terhadap nutrisi dan fasilitas pendidikan yang layak dapat dimiliki oleh setiap anak, karena merekalah masa depan bangsa Indonesia,” tutup Ibu Astrid.

Foto: Novi, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *