Tahukah, Kids, kalau kalian adalah generasi emas? Kalianlah yang akan menentukan kemajuan negara Indonesia di masa mendatang. Kalian adalah satu dari 33 juta lebih anak Indonesia, yang saat ini mendominasi piramida penduduk Indonesia alias sebagai kelompok populasi yang besar.

“Sebagai kelompok populasi yang besar, anak-anak yang sehat dan berkualitas tentu merupakan harapan terbaik untuk masa depan bangsa. Anak-anak inilah yang akan menjadi penggerak roda kemajuan kedepannya. Tak terbayang bagaimana majunya Indonesia jika setiap anak dari 33 juta lebih itu, memberikan ide, inovasi, kreativitas, dan karyanya sesuai kemampuan terbaik mereka,” tutur Ibu Meida Octarina, MCN, Asisten Deputi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK.

Ibu Meida Octarina, MCN, Asisten Deputi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK.

Begitu pentingnya kalian, tak heran kalau kemudian muncul komitmen yang kuat, baik itu dari pemerintah, pelaku usaha/industri, akademisi, dan semua lapisan masyarakat untuk menyiapkan anak Indonesia sejak dini demi terciptanya generasi maju yang unggul dan berkualitas di masa depan.

Komitmen yang kuat itu salah satunya datang dari pelaku usaha/industri yaitu Danone Indonesia. “Susu SGM yang hadir sejak tahun 1965 dan sudah dinikmati selama 54 tahun oleh anak-anak Indonesia, dari awal formulanya sudah dirancang oleh para pakar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak,” terang Bapak Arif Mujahidin, Communications Director Danone Indonesia.

Bapak Arif Mujahidin, Communications Director Danone Indonesia.

“Untuk itu, di tahun 2019 ini, SGM Eksplor meluncurkan gerakan sosial Aksi Nutrisi Generasi Maju untuk menggerakkan seluruh lapisan masyarakat mendukung akses pemenuhan nutrisi bagi anak-anak Indonesia. Caranya, upload foto di FB dan Instagram dengan pledge (di FB menggunakan frame profile foto dan di Instagram menggunakan sticker gift) yang sudah kami buat. Mekanisme pledge bisa dilihat di FB dan IG Aku Anak SGM. Satu foto yang di-upload sama dengan satu dukungan nutrisi berupa 1 kotak susu SGM Eksplor,” jelas Kak Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor. “Target kami, 33.000 dukungan dari berbagai pihak akan diwujudkan dengan pemberian 33.000 kotak susu SGM Eksplor untuk anak di atas satu tahun, yang nantinya akan didonasikan untuk anak-anak Indonesia di berbagai kota atau kabupaten di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Kak Alyssa dan Kak Astrid mengajak masyarakat berpartisipasi lewat FB dan IG

Diharapkan dengan dukungan dari berbagai pihak, gerakan sosial Aksi Nutrisi Generasi Maju ini bisa menjadi viral dan dampaknya bisa dirasakan di masa depan, ya, Kids. “Dukungan kolektif masyarakat untuk memberikan akses pemenuhan nutrisi bagi anak sejak dini, dapat mendorong terciptanya generasi yang berkualitas dan ikut menentukan masa depan bangsa ini. Dengan sinergi antara pemerintah, swasta, akademisi, dan masyarakat, akan membentuk support system bagi lebih dari 33 juta anak Indonesia untuk tumbuh menjadi generasi maju yang bisa berkontribusi terhadap pembangunan bangsa kedepannya,” dukung Kak Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci., Sosiolog dari Universitas Indonesia.

Dukungan kolektif masyarakat mendorong terciptanya generasi yang berkualitas dan ikut menentukan masa depan bangsa ini.

Nutrisi memang hal yang penting, Kids, karena itu merupakan modal dasar kalian untuk bisa tumbuh dan berkembang. Tumbuh secara fisik (menjadi tinggi) dan berkembang (kemampuan otak atau kecerdasannya). “Asupan makanan harus seimbang, kaya akan zat gizi makro seperti energi, protein, lemak, dan karbohidrat. Dan juga zat gizi mikro seperti zat besi, vitamin, dan mineral. Jangan pilih-pilih makanan karena dengan makanan seimbang, vitamin dan mineral akan terpenuhi dengan sendirinya,” saran dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK, Dokter Gizi Klinis.

Pentingnya nutrisi anak sejak dini juga diamini oleh Aktris dan Ibu dari dua anak, Alyssa Soebandono. “Sejak dari dalam kandungan, saya sudah sangat memperhatikan pemenuhan nutrisi untuk kedua anak saya (Rendra dan Malik). Tak hanya anak sendiri, begitu juga untuk anak-anak Indonesia bahkan dunia. Kita bisa mulai ikut menunjukkan aksi dukungan kita melalui gerakan Aksi Nutrisi Generasi Maju dari SGM Eksplor untuk mendorong anak-anak Indonesia tumbuh menjadi Anak Generasi Maju yang dapat membangun masa depan negara ini,” ujarnya.

Nah, Kids, sebagai generasi harapan bangsa, jadilah anak generasi maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri serta percaya diri. Selain terus mengasah potensi dan bakat kalian, jangan lupa juga penuhi nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak. Konsumsilah makanan bergizi seperti nasi (karbohidrat lainnya), ikan, daging, telur, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga susu. Jangan lupa lakukan aktivitas fisik seperti olahraga, cukup minum, dan menjaga kebersihan.

Foto: Novi, Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *