PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) bekerja  sama dengan PT Adhi Commuter Properti Tbk. (ADCP), pengembang properti & kawasanTransit Oriented  Development yang terkoneksi dengan LRT (Light Rail Transit) Stasiun Harjamukti, merayakan HUT RI ke 77 dengan bersama-sama menyelenggarakan el-ARTe Mural Competition 2022.

Kompetisi mural tersebut diselenggarakan pada tanggal 17 – 20 Agustus 2022. Ratusan liter cat Dulux  diberikan kepada para seniman mural dari berbagai kalangan dan mewakili beberapa kota di Indonesia.  Mereka memamerkan bakat dan kreativitas mereka untuk bersama-sama menciptakan seni mural yang  unik dalam kompetisi ini. Mereka dibagi menjadi 15 kelompok yang terdiri dari 3 anggota dan masing-masing kelompok menghiasi bagian dinding berukuran 2x3m.

Total dinding yang dihias seni mural  mencapai lebih dari 100 m2. Tema Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini Bangkit Lebih Kuat, Pulih Lebih  Cepat, tergambar dengan jelas melalui puluhan lukisan mural tersebut. Dengan perkiraan akan ada 25.000  orang yang menggunakan LRT Harjamukti setiap harinya, Dulux berharap dapat membawa warna bagi  banyak kehidupan setiap hari terutama di ruang publik seperti Kawasan Stasiun LRT Harjamukti.

Kompetisi mural ini merupakan bagian dari program “Let’s Color Indonesia”, sekaligus upaya untuk  mempercantik akses jalan sepanjang 60m menuju Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur. Dulux yakin akan kekuatan cat untuk mengubah kehidupan dengan memberikan semangat kepada masyarakat, mengubah  perilaku, dan membuat ruang tempat tinggal menjadi lebih berwarna, nyaman dan menyenangkan. Dengan  lebih dari 2.000 proyek, 48.000 orang yang dilatih dan 12.000 sukarelawan, sejauh ini lebih dari 68 juta  orang dari seluruh dunia telah merasakan manfaat dari Let’s Colour. Di Indonesia, ribuan meter persegi  tembok beton dan tiang-tiang fasilitas umum di Jakarta (Antasari, Juanda, Kemayoran), Depok, Tangerang,  Surabaya, Palembang, Medan, Salatiga, Semarang, dan Kota Bandung telah diperindah oleh program Let’s  Colour Indonesia .

“Warna berkontribusi pada kesehatan psikologis masyarakat dan menambah keindahan lingkungan  publik,” kata Indra Laban, Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints  Indonesia). “Pada Hari Perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, kami senang bermitra dengan PT  Adhi Commuter Properti Tbk untuk menghidupkan tema Bangkit Lebih Kuat, Pulih Lebih Cepat melalui  karya seni,” imbuhnya.

Rizkan Firman (berjaket hitam), Direktur Utama PT. Adhi Commuter Properti, Tbk, mengunjungi areal kompetisi el-ARTe Mural Competition 2022

Arifah Rahmayanti, Project Director LRT City Cibubur mengatakan, “Sebagai kawasan Mixed Used Development, LRT City Cibubur dikembangkan dengan konsep TOD (Transit Oriented Development) yang  terkoneksi langsung dengan transportasi massal yaitu LRT. Kami menyediakan tempat yang saling terhubung yang menghadirkan kualitas hidup terbaik bagi orang-orang yang tinggal dan menggunakan fasilitas kami. LRT City Cibubur juga menjadi wadah kreatifitas bagi komunitas, dalam hal ini mendukung komunitas mural Indonesia untuk mengekspresikan inspirasi dan ide mereka ke dalam karya seni mural  yang indah. Melalui el-ARTe Mural Competition 2022, kami menyediakan fasilitas umum sebagai media mereka untuk membagikan karya lukisan mural yang menyenangkan kepada masyarakat. Mural menjadi  wadah untuk menceritakan cerita sebuah komunitas, menciptakan pengalaman unik, dan berinteraksi  dengan warga. Kami juga percaya bahwa ada hubungan positif antara seni dan kesehatan mental, yaitu untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati yang lebih baik.”

Mural Artist dari Institut Kesenian Jakarta, Muna Diannur yang menjadi salah satu juri el-ARTe Mural  Competition 2022, mengatakan, “Kami mengapresiasi kerja sama AkzoNobel Indonesia dan PT Adhi  Commuter Properti Tbk. membina komunitas pelukis mural di Indonesia. Dengan memberikan kesempatan  bagi seniman mural untuk mewujudkan ide-ide mereka di lokasi penting akan membantu mengembangkan  keterampilan mereka dan meningkatkan kepercayaan diri mereka,” tutupnya.

Pemenang Juara pertama el-ARTe Mural Competition 2022 adalah Cahya Pramana dengan seni mural  bertema “Intertwine”, Juara kedua adalah tim 2D dengan seni mural bertema “Imagination Nature with  Serenity”, dan juara ketiga adalah tim thom thom dengan karya seni mural bertema “Future City with LRT”.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *