JAKARTA, majalahjustforkids.com – ASEAN Foundation dengan dukungan dari SAP, Maybank Foundation, dan Huawei, pada 19 Desember lalu, menyelenggarakan Interactive Alumni Townhall ke-3 di ASEAN Hall, ASEAN Secretariat Heritage Building.

Gathering yang berlangsung secara hybrid ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi para alumni program ASEAN Foundation untuk memperkuat keterampilan dan jaringan mereka yang siap menghadapi masa depan.

ASEAN Foundation Interactive Alumni Townhall yang ke-3 ini melanjutkan upaya mempromosikan dan mendorong terjadinya interaksi yang saling menguntungkan antara alumni dan mitra ASEAN Foundation, serta antar sesama alumni sendiri.

Seperti pada kegiatan outing sebelumnya, townhall tahun ini sebagian besar diisi dengan sesi-sesi diskusi yang berfokus pada topik yang relevan untuk pengembangan profesional para alumni.

Sesi diskusi yang pertama melibatkan Duta Besar Derry Aman, Wakil Tetap Indonesia untuk ASEAN; dan dua perwakilan dari Permanent Mission Laos dan Filipina untuk ASEAN.

Dipimpin oleh Executive Director ASEAN Foundation, Dr. Yang Mee Eng, dalam sesi ini para duta besar berbagi pemikiran tentang tantangan dan solusi dalam menjaga awareness dan identitas ASEAN di era digital ini.

Sesi kedua berfokus pada diskusi mengenai kisah-kisah pribadi yang inspiratif dari para alumni ASEAN Foundation.

Alumni dari program ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting, Asia Pacific Seeds for the Future, eMpowering Youths Across ASEAN, dan ASEAN Data Science Explorers, berbagi mengenai partisipasi mereka dalam berbagai program ASEAN Foundation dan bagaimana program-program tersebut telah membantu menumbuhkan pengembangan profesional mereka.

Sesi sharing diakhiri dengan presentasi dari Mr. Eugene Ho, Global CSR Director dari SAP Asia; Ms. Marija Ralic, Google.org Lead, Google Asia Pacific; dan Mr. Jun Zhang, Vice President of Public Affairs and Communications di Huawei Asia Pacific.

Mereka berbagi insight-insight yang unik tentang trend industri dan berbagai bidang pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan.

“ASEAN Foundation Interactive Alumni Townhall ke-3 ini diadakan untuk merayakan kolaborasi antara ASEAN Foundation dengan banyak mitra kami, yang telah membantu kami menghadirkan benefit yang sangat luas kepada lebih dari 140.000 anak muda di sepuluh negara ASEAN dan negara-negara lainnya,” kata Dr. Yang Mee Eng, Executive Director ASEAN Foundation.

“Alumni townhall ini akan melanjutkan upaya untuk berbagi insight mengenai keterampilan yang dibutuhkan di masa depan, trend industri, bidang pekerjaan yang dibutuhkan, dan yang lebih penting lagi, awareness dan identitas ASEAN, melalui berbagai sesi diskusi yang hangat, dipimpin oleh para partner kami dan para anggota Board of Trustees,” kata Dr. Yang melanjutkan.

Hal lainnya yang disoroti dalam ASEAN Foundation Interactive Alumni Townhall ke-3 adalah penandatanganan MoU antara ASEAN Foundation dan mitra-mitra utamanya.

MoU pertama ditandatangani antara ASEAN Foundation dan Huawei, dengan support dari ASEAN Secretariat, untuk sebuah program baru yang disebut ASEAN Market Access Programme.

Program ini bertujuan mendukung berbagai social enterprise di ASEAN untuk mencapai inovasi digital. MoU kedua ditandatangani antara ASEAN Foundation dan Huawei mengenai Cloud System, yang akan memperkuat upaya-upaya digitalisasi dalam tahun-tahun mendatang.

“Kami percaya kekuatan teknologi, inovasi, dan yang paling penting, kekuatan dari manusia. Talenta-talenta muda kami telah dan akan memainkan peranan yang sangat penting di kawasan ini dan dalam pembangunan ekonomi dunia. Lebih lanjut, kami berkomitmen berkolaborasi dengan ekosistem dan komunitas lokal untuk menyesuaikan antara pasokan dan demand akan talenta digital di pasar dan mengeluarkan potensi digital di kawasan tersebut,” kata Mr. Jun Zhang, Vice President of Public Affairs and Communications di Huawei Asia Pacific.

ASEAN Foundation Interactive Alumni Townhall ke-3 diselenggarakan secara hybrid untuk memfasilitasi para pembicara dan alumni yang berhalangan menghadiri acara di ASEAN Hall. Lebih dari 100 alumni dan partner berpartisipasi pada acara itu.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *