Jakarta Dessert Week (JDW) menginjak tahun ketiganya, dan tetap berjalan di situasi pandemi dengan menggandeng Tokopedia yang menyediakan halaman khusus JDW berisikan pilihan menu dessert dan pastry. Festival berlangsung selama tanggal 25 Oktober – 14 November 2021.

JDW adalah festival dessert terbesar di Indonesia yang bertujuan mendukung ekosistem industri dessert dan pastry di Jakarta dengan memberikan ruang kreatif bagi para pelaku bisnis dessert. Pemilihan toko kue dan resto berdasarkan proses kuratorial, dengan penilaian mencakup kualitas produk, narasi, dan eksistensinya.

Kuratorial toko kue/ resto dilakukan oleh Co-Founders JDW yakni: Talita Setyadi, Arimbi Nimpuno, Gupta Sitorus, Kevindra Soemantri, Tria Nuragustina, dan Primo Rizky.

Di tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia juga menjadikan JDW sebagai bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 yang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Adanya event parekraf ini diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Bukan sembarang event, Kharisma Event Nusantara 2021 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi dilakukan bertujuan untuk menyaring, dan mendapatkan kegiatan (events) yang berkualitas. Sehingga, bentuk pendukungan yang diberikan pada Jakarta Dessert Week pun akan lebih jelas dan terukur.

Sebagai platform ‘bergerak out of the box’, JDW menantang para seniman dapur untuk menampilkan limited edition dessert. Pada sisi konsumen, gerakan serentak hadirnya produk limited secara terbatas mendorong keingintahuan, gairah berbelanja, serta menciptakan perbincangan. Ini keunikan yang menjadikan JDW satu-satunya festival yang mengajak semua partisipannya menghadirkan menu baru.

Beberapa toko kue atau resto yang berpartisipasi dalam JDW 2021 ini antara lain: Beau Bakery, Dore by Letao, Gelato Secrets, Exquise Patisserie, Hokkaido Baby, Lemondiscofish Kemang, Harper and Cordon, dan banyak lagi. Sementara toko kue berbasis online, antara lain: Endorphins, Sugar Papi Mami, Mookie, Gin Choux, Papillon D’or Pâtisserie dan lainnya.

Selain itu, beberapa merek ikonis juga melakukan kolaborasi menu bersama toko dessert berkualitas, seperti:

  1. Cacao Barry bersama BEAU Bakery
  2. Oreo – Fizzy bersama Gelato Secrets dan Harper and Cordon
  3. Callebaut bersama Exquise Patisserie
  4. Toblerone bersama Mad Bagel
  5. Dairy Master bersama Mad Bagel
  6. Boiron bersama Exquise Pâtisserie
  7. Cadbury bersama Endorphins Cookie dan BEAU Pizza and Bagels
  8. Kraft – Quick Melt bersama Luna’s Doughnuts

Tak melulu belanja, JDW juga menampilkan edukasi melalui kanal video streaming Tokopedia Play. Beberapa pelaku industri yang disegani telah tampil berdemo, antara lain Chef Karen Carlotta, Chef Will Goldfarb (World’s Best Pastry Chef 2021 menurut The World’s 50 Best Restaurants), Chef Talita Setyadi, dan Chef Kim Pangestu. Dari jajaran celebrity chef, juga telah hadir antara lain Devina Hermawan, Yuda Bustara, hingga Renatta Moeloek.

JDW Angkat “Art” Sebagai Tema 2021

Tahun ini para chef dan pemilik toko kue ditantang mengambil inspirasi dari karya-karya seni baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Tantangan ini diberikan dengan pertimbangan bahwa para chef merupakan seniman yang menghasilkan karya-karya seni di dapur. Melihat interpretasi para seniman dapur menjadi bagian seru lainnya di JDW. Telah terpilih 68 toko kue/resto berbasis online/offline dalam menghadirkan 100+ produk limited edition. Kategori mencakup cake, bread, cookies, ice cream, gelato, hingga healthy treats. JDW merasakan pemunculan signifikan pada produsen kue-kue sehat di tengah gaya hidup masa kini.

Dessert demo akan hadir antara lain dari Sisca Soewitomo, Chef Vincent Nigita, Luvita Ho, Chef Martin Praja, Chef Nina Bertha, Chef Kim Pangestu, Chef Feri Sulfian, Tissa Aunilla, hingga Chef Andry Susanto.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyatakan, “Tokopedia mencatat kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori yang paling populer pada kuartal III 2021. Animo yang sangat tinggi dari masyarakat ini melatarbelakangi kehadiran Jakarta Dessert Week di Tokopedia pada ke-dua kalinya.” Ekhel melanjutkan, “Harapannya, kolaborasi antara Tokopedia dan Jakarta Dessert Week bisa mendorong produk UMKM lokal makanan dan minuman menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia supaya bisa #BangkitBersama membantu pemulihan ekonomi yang terdampak  pandemi.”

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, menyatakan, “Harapannya, JDW dapat memberikan kontribusi yang besar pada sektor kuliner Indonesia dan membangun citra DKI Jakarta sebagai culinary melting pot dan culinary hub sehingga menjadi pemantik kunjungan wisatawan yang semakin meningkat. Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan JDW 2021 sebagai upaya mempromosikan kuliner, khususnya dalam bentuk dessert dan pastry ke tingkat dunia internasional untuk memperkuat branding pariwisata Indonesia : Wonderful Indonesia. Semoga industri ini terus bangkit bagi peningkatan ekonomi lokal maupun nasional, juga menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Tunggu apalagi, yuk kunjungi JDW 2021 di Tokopedia mulai tanggal 25 Oktober – 14 November 2021.

Foto: Efa/dok. JDW

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *