Video game tak melulu berisi permainan hiburan, namun juga pembelajaran. Studi mengungkapkan bahwa anak-anak yang terpapar pembelajaran video game cenderung mengembangkan fungsi logika dan kognitif yang lebih baik. Nah, berikut ini, beberapa rekomendasi game edukasi terbaik di platform Nintendo yang cocok untuk anak usia Sekolah Dasar. Apa saja?

  1. Math Blaster

Ditujukan untuk anak usia 10 tahun ke atas.Merupakan permainan serba cepat. Kalian bisa memilih avatar sendiri dan memiliki opsi untuk memainkan level lagi jika ingin menguasai misi tertentu. Game ini mengotak-atik konsep matematika dasar seperti penjumlahan, pecahan, pembagian, pengurangan, dan perkalian. Sangat menyenangkan dan interaktif. Akan ada umpan balik setelah pertandingan, sehingga kalian bisa belajar dari kesalahan dan tidak mengulanginya di level berikutnya.

  1. Minecraft

Permainan ini sangat populer secara global di kalangan anak-anak maupun dewasa. Merupakan permainan sandbox 3D yang tidak memiliki tujuan khusus yang harus dicapai, memungkinkan pemain memiliki kebebasan untuk memilih cara bermain. Dunia permainan ini terdiri dari objek 3 dimensi (kubus dan cairan) yang melambangkan berbagai material seperti batu, kayu, tanah, dan air. kalian akan ditantang sepanjang permainan untuk melatih kreativitas dan keterampilan memecahkan masalah.  

  1. My Word Coach

Ingin meningkatkan perbendaharaan bahasa Inggris, cobalah game satu ini. Kalian bisa mengeksplorasi 6 permainan menyenangkan, dilengkapi hingga 17.000 kata untuk ditemukan dari kamus bawaannya. Empat dari kategori permainan ini berfokus pada pemahaman arti kata-kata sementara dua lainnya berfokus pada ejaan. Bermain selama 20 hingga 30 menit cukup untuk membantu memahami apa yang telah dipelajari dan menikmati permainan sekaligus. Cocok untuk anak usia 10 tahun ke atas.

  1. Scribblenauts

Permainan puzzle dari Nintendo ini sangat menghibur anak-anak sambil belajar pada saat yang sama. Ada sepuluh tema yang bisa dipilih dengan lebih dari 10 ribu kata-kata yang bisa kalian temukan. Terkait dengan kehidupan sehari-hari hingga benada-benda menarik, seperti Lubang Hitam dan Pegasus. Bisa dimainkan oleh anak-anak usia 8 tahun ke atas. Pemain bisa berinteraksi dengan karakter dalam game untuk memandu dan membantu mereka sepanjang permainan.

Foto: Freepik, Istimewa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *