Unik Seperti Kincir
Galaksi cartwheel, atau dikenal juga dengan nama ESO 350-40, mungkin adalah galaksi paling indah dan unik yang pernah ditemukan. Berjarak sekitar 400 juta tahun cahaya dari rasi bintang sculptor dan memiliki bentuk seperti wahana permainan kincir-kincir.

Lebih Luas dari Bima Sakti
Galaksi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1941 oleh Fritz Zwicky. Luas galaksi ini mencapai 150.000 tahun cahaya yang berarti lebih luas dari galaksi Bima Sakti. Sementara galaksi Bima Sakti, tempat Bumi berada, luasnya hanya 100.000 tahun cahaya.

Tabrakan Galaksi
Para astronom memperkirakan bahwa bentuk unik galaksi ini terjadi karena tabrakan dengan galaksi yang lebih kecil. Peristiwa ini mungkin berlangsung ratusan juta tahun yang lalu. Berdasarkan pengamatan, sebelum terjadinya tabrakan, galaksi ini berbentuk spiral.
Setelah terjadi tabrakan, galaksi ini mengalami siklus pembentukan bintang besar. Batas luar galaksi dihuni oleh bintang biru bermassa besar yang memiliki masa hidup yang singkat. Adapun, bagian dalam galaksi dihuni oleh bintang merah kebiruan yang berusia lebih tua.

 

Teks : JFK     Foto : Ist

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *